Puncak Arus Balik Melalui Kereta Api Diprediksi Hingga 10 Mei 2022

Abdul Azis Said
6 Mei 2022, 15:14
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). PT KAI mencatat pada H+2 Ramadhan sebanyak 14.700 pemudik kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, sementara 14.900 lainnya kembali melalui Stasiun
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). PT KAI mencatat pada H+2 Ramadhan sebanyak 14.700 pemudik kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, sementara 14.900 lainnya kembali melalui Stasiun Gambir.

Puncak arus balik mudik melalui transportasi kereta api di Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta diperkirakan masih akan berlangsung hingga h+8 lebaran atau pada 10 Mei 2022. Sebaliknya, arus mudik juga terlihat masih tinggi sampai dengan hari ini.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, arus balik lebaran sudah mulai terlihat sejak 4 Mei 2022. Pada hari ini, sudah terdapat sekitar 39.300 penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta. Peningkatan tertinggi terjadi dua hari terakhir.

Eva mengatakan, jumlah penumpang yang datang di lima stasiun di Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek mencapai 111.700 orang selama tiga hari terakhir.

"Kedatangan penumpang masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/5).

Eva mengatakan, pihaknya memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan. Pemeriksaan berkas penumpang sudah dilakukan sejak di stasiun awal keberangkatan.

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta juga menempatkan sejumlah petugas di area peron dan hall untuk memperlancar arus penumpang yang turun. Hal ini  untuk menghindari kerumunan di area penjemputan.

Sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta api yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...