Puncak Arus Balik Melalui Kereta Api Diprediksi Hingga 10 Mei 2022

Seluruh penumpang kereta api dipastikan sudah memenuhi syarat perjalanan sesuai dengan ketentuan pemerintah.
Image title
6 Mei 2022, 15:14
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). PT KAI mencatat pada H+2 Ramadhan sebanyak 14.700 pemudik kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, sementara 14.900 lainnya kembali melalui Stasiun
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (5/5/2022). PT KAI mencatat pada H+2 Ramadhan sebanyak 14.700 pemudik kembali ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen, sementara 14.900 lainnya kembali melalui Stasiun Gambir.

Puncak arus balik mudik melalui transportasi kereta api di Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta diperkirakan masih akan berlangsung hingga h+8 lebaran atau pada 10 Mei 2022. Sebaliknya, arus mudik juga terlihat masih tinggi sampai dengan hari ini.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, arus balik lebaran sudah mulai terlihat sejak 4 Mei 2022. Pada hari ini, sudah terdapat sekitar 39.300 penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta. Peningkatan tertinggi terjadi dua hari terakhir.

Eva mengatakan, jumlah penumpang yang datang di lima stasiun di Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek mencapai 111.700 orang selama tiga hari terakhir.

"Kedatangan penumpang masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022," kata Eva dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/5).

Advertisement

Eva mengatakan, pihaknya memastikan bahwa seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan. Pemeriksaan berkas penumpang sudah dilakukan sejak di stasiun awal keberangkatan.

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta juga menempatkan sejumlah petugas di area peron dan hall untuk memperlancar arus penumpang yang turun. Hal ini  untuk menghindari kerumunan di area penjemputan.

Sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta api yang tiba untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal. Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal. 

Bukan hanya arus balik, Eva menyebut jumlah penumpang yang akan mudik juga masih banyak. Pemerintah menetapkan masa angkutan lebaran untuk perjalanan kereta api ditetapkan H-10 sampai H+10 lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022.

Total penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta hari ini mencapai 25.400 orang. Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 10.000 orang, termasuk dengan menggunakan delapan kereta api tambahan. Sementara jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen sebanyak 15.400 penumpang, termasuk dengan menggunakan dua kereta api tambahan. 

Pada kurun waktu 22 April sampai 6 Mei 2022, sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung. 

"Dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari," kata Eva. 

Menurut laporan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah stasiun kereta api yang melayani naik/turun penumpang di Jawa dan Sumatera sebanyak 629 unit pada 2020. Rinciannya, sebanyak 463 unit di Jawa dan 166 unit di Sumatera.

Reporter: Abdul Azis Said
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait