Viral Pembeli Naik Mercy Curi Cokelat, Pegawai Alfamart Dijerat UU ITE

Tia Dwitiani Komalasari
15 Agustus 2022, 12:17
Stand Alfamart di area pameran
Arief Kamaludin / Katadata
Stand Alfamart di area pameran

PT Sumber Alfaria Trijaya atau Alfamart tengah melakukan investigasi terhadap viral video konsumen minimarket tersebut yang mengambil cokelat tanpa membayar. Alfamart juga tidak segan melakukan tindakan hukum setelah pegawainya ditekan untuk memberikan permintaan maaf.

Melalui pernyataan yang diunggah akun @alfamart di Twitter, manajemen menyatakan bahwa pemberitaan seorang karyawan diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar. Peristiwa tersebut terjadi di Alfamart Sampora, Kampung Sampora, RT 4 RW 2 Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang, Sabtu (13/8) pukul 10.30

"Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar. Setelah dimintai pertanggungjawaban, konsumen baru membayar produk cokelat yang diambilnya. Dari investigasi karyawan pun menemukan produk lain yang diambil selain cokelat," tulis pernyataan tersebut yang dikutip Senin (15/8).

Alfamart sangat menyayangkan adanya tindakan lanjutan sepihak dari konsumen dengan membawa pengacara yang membuat karyawannya tertekan. Perusahaan itu sedang melakukan investigasi internal lebih lanjut. Apabila diperlukan, Alfamart akan mengambil langkah hukum selanjutnya.

Selain itu, Alfamart juga menyatakan bahwa perusahannya mengepankan kejujuran, disiplin, dan konsisten dalam bekerja berlandaskan etika serta bertanggung jawab terhadap pekerja.

"Sebagai perusahaan nasional yang memperkerjakan lebih dari 14.000 karyawan, Alfamart berkomitmen menjalankan standar pelayanan yang terbaik pada konsumen. Termasuk di dalamnya, Alfamart memberikan perlindungan kerja penuh pada karyawan," tulis pernyataan tersebut.

 Kronologi kejadian

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...