Semarak Malam Final Piala Dunia 2022 dan Akhir Penantian Panjang Messi

Tia Dwitiani Komalasari
19 Desember 2022, 18:31
Kapten tim nasional Argentina, Lionel Messi, mencium trofi Piala Dunia di di Stadion Lusail, Al Daayen, Doha, Qatar, Minggu (18/12).
UEFA Champion League
Kapten tim nasional Argentina, Lionel Messi, mencium trofi Piala Dunia di di Stadion Lusail, Al Daayen, Doha, Qatar, Minggu (18/12).

Setelah 36 tahun, Tim Nasional atau timnas Argentina akhirnya membawa kembali trofi Piala Dunia ke negaranya. Ini merupakan ketiga kalinya bagi tim Tango tersebut menjadi juara Piala Dunia.

Gelar ketiga tersebut diraih setelah melewati penantian yang sangat panjang. Argentina sebelumnya meraih gelar Piala Dunia pada 1978 dan 1986.

Advertisement

Mengarungi jarak 13.817 km, warga Argentina nampak berbondong-bodong mendukung tim nasional mereka di Stadion Lusail, Al Daayen, Doha, Qatar, Minggu (18/12). Tidak hanya warga Argentina,  dukungan tim yang dipimpin Lionel Messi tersebut didapatkan dari warga negara lain yang menonton Piala Dunia 2022 secara langsung di Qatar.

Wartawan Katadata.co.id meliput langsung bagaimana antusiasme penonton negara Amerika Selatan tersebut untuk mendukung timnya menyajikan performa terbaik.

Suporter Argentina
Suporter Argentina (Katadata/Metta Dharmasaputra)

 
Saat menjelang pertandingan pamungkas, Argentina mendapat lebih banyak dukungan dari mayoritas para penonton netral. Dukungan untuk tim Amerika Selatan itu diperkirakan mencapai lebih dari 40.000 orang, sedangkan fans Prancis berkisar 6.000 orang.

Banyak yang memberikan dukungan untuk Lionel Messi yang mengincar gelar juara pertamanya pada Piala Dunia dan kemungkinan menjadi laga terakhirnya karena usianya menginjak 35 tahun.

Suporter Argentina

 
Suporter Argentina (Katadata/Metta Dharmasaputra)


Akhir cerita bahagia Messi

Bagi Messi, Piala Dunia 2022 merupakan buah penantian yang cukup panjang selama karier sepak bolanya. Sejak Piala Dunia 2006, Messi terus merasakan kegagalan demi kegagalan, termasuk ketika ia mencapai final edisi 2014 dan dipaksa menyaksikan Jerman mengangkat trofi.

Menjelang keberangkatan ke Qatar, banyak spekulasi mengenai masa depan Messi di timnas Argentina. Termasuk dugaan bahwa Piala Dunia 2022 bakal jadi penampilan terakhirnya di turnamen sepak bola paling bergengsi itu.

Argentina tiba di Qatar sebagai salah satu tim favorit karena menjuarai Copa America 2021 dan pemenang laga Finalissima 2022 kontra juara Euro 2020 Italia.

Namun demikian, perjalanan mereka tak mudah. Secara mengejutkan, Argentina harus mengakui kekalahan atas Arab Saudi 1-2 di pertandingan Piala Dunia 2022 pertamanya.

Tim asuhan Lionel Scaloni tersebut bangkit dengan mengalahkan Meksiko dan Polandia, serta menjadi juara Grup C. Kemenangan itu mereka lanjutkan dengan membekuk Australia 2-1 pada babak 16 besar.

Pada perempat final, Argentina menghadapi perlawanan berat dari Belanda setelah unggul 2-0 di babak pertama. Pasalnya, timnas Belanda berhasil menyamakan kedudukan di akhir pertandingan 2-2. Namun demikian, tim yang identik dengan kaos garis biru putih tersebut akhirnya unggul melalui babak penalti 4-3.

Final Piala Dunia 2022
Final Piala Dunia 2022 (Katadata/Metta Dharmasaputra)

Setelah menang mudah lawan Kroasia, drama serupa terjadi ketika Argentina beradu lawan Prancis di babak final. Sempat tertinggal 2-0, Prancis bisa menyamakan kedudukan melalui gol Kylan Mbappe di menit 80 dan 81.

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement