Jelang Libur Imlek, Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Jarak Jauh

Tia Dwitiani Komalasari
20 Januari 2023, 10:14
Penumpang Kereta Api akan menaiki Argo Parahyangan di Stasiun Gambir, Jakarta.
Dokumentasi KAI Daop 1
Penumpang Kereta Api akan menaiki Argo Parahyangan di Stasiun Gambir, Jakarta.

Jelang libur panjang imlek, penjualan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen kembali meningkat. Hingga hari ini, total terdapat sekitar 63 ribu tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 20 sampai dengan 23 Januari 2023.

Dari jumlah tersebut, 26 ribu merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 37 ribu tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen. Angka volume penumpang yang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung.

Untuk tanggal 20 sampai dengan 23 Januari 2023 setiap hari nya terdapat sebanyak 57 hingga 60 KAJJ perhari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

Volume penumpang berangkat pada momen libur imlek dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi akan terjadi pada Jumat (20/1) dengan layanan 58 KA yang beroperasi. Terdata sekitar 28 ribu penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan hari itu.

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

 Syarat Terbaru

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 sampai dengan 12 tahun. 

Berikut aturan lengkap terkait Vaksin untuk penumpang KAJJ berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan :

1. Usia 18 tahun ke atas:
a) Wajib vaksin ketiga (booster)
b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
b) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...