Gempa M 5,2 Guncang Seluma Bengkulu

Tia Dwitiani Komalasari
21 Februari 2023, 07:16
Ilustrasi gempa
Pixabay
Ilustrasi gempa
Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menyatakan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Seluma, Bengkulu, Selasa (21/2), pukul 03.13 WIB.
 
BMKG mencatat gempa bumi berpusat di 4,41 Lintang Selatan, 102,11 Bujur Timur dengan kedalaman 13 kilometer. Disampaikan BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
 
Berdasarkan catatan BMKG, wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 11 kali dalam sepekan. Gempa tersebut terjadi dengan berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.
 
Pekan lalu, BMKG mencatat telah terjadi gempa dangkal berkekuatan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Maluku tenggara barat, Maluku. Gempa tersebut akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Banda.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Banda," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Jumat (17/2).
 
Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust.
 
Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,58 Lintang Selatan; 132,08 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 124 km arah barat daya Maluku Tenggara, Maluku, pada kedalaman 32 km. Gempa yang terjadi pada pukul 16.37.35 WIB itu memiliki parameter update dengan magnitudo 6,4.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...