Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Sementara Mulai Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
27 Februari 2023, 06:29
Pekerja melintas di pelataran pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022).
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Pekerja melintas di pelataran pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022).
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menutup sementara Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung mulai hari ini, Senin (27/2). Penutupan tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi dan penataan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan.
 
Penutupan Masjid Raya Al Jabbar tersebut akan dilakukan hingga 13 Maret 2023. Evaluasi ini dilakukan setelah dua bulan Masjid itu dibuka.
 
"Untuk penyempurnaan, perbaikan dan penataan ketertiban setelah dua bulan dibuka dengan antusiasme jamaah yang luar biasa dan dinamika," kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dalam akun instagramnya @ridwankamil, dikutip Senin (27/2).
 
Pria yang akrab disapa Emil tersebut mengatakan jika pihaknya akan memperbaiki sejumlah kerusakan yang timbul dari tingginya animo kunjungan masyarakat sejak masjid raya Al Jabar dibuka.
 
Perbaikan ini mensyaratkan penutupan sementara karena terkait sisi keamanan pekerjaan dan keamanan pengunjung.
 
Emil mengatakan, penutupan sementara ini juga akan menata aspek kenyamanan dan ketertiban di kawasan dan masjid raya Al Jabbar. Persoalan PKL, alur pengunjung hingga soal parkir akan menjadi bagian dari aspek ini.
 
"Atas keputusan ini, Pemprov Jabar memohon maaf pada jamaah dan masyarakat sekaligus memohon pengertian atas pentingnya penutupan sementara ini semata-mata demi kenyamanan beribadah dan kunjungan," ujarnya.
 
Dia berharap adanya perbaikan tersebut bisa membuat umat muslim bisa beribadah di Masjid Al Jabbar dengan tenang, tertib dan bersih. "Semoga menjadi perhatian dan sampai jumpa lagi di tanggal 13 Maret, sepekan sebelum Ramadhan tiba," kata Emil.

 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...