Kemenhub Siapkan 585 Bus Mudik Gratis, Ini Rute dan Cara Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
13 Maret 2023, 18:25
Pemudik mencari bus mereka dalam mudik gratis yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 j
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.
Pemudik mencari bus mereka dalam mudik gratis yang digelar Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (29/4/2022). Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 jatuh pada 29 dan 30 April 2022.

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub menyiapkan sebanyak 585 unit bus pada program Mudik Gratis 2023. Program mudik gratis ini sebagai upaya untuk menekan angka penggunaan sepeda motor oleh para pemudik.

"Kami berharap dengan adanya program Mudik Gratis Kemenhub ini dapat mencegah masyarakat untuk mudik dengan sepeda motor karena dapat berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, pada konferensi pers Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023, Senin (13/03).

Advertisement

Tahun ini, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menyediakan sebanyak 24.072 kuota mudik gratis yang terdiri dari 18.528 orang untuk arus mudik dengan 459 bus dan 5.544 orang untuk arus balik dengan 126 bus. Selain itu, mereka juga kembali menyediakan kuota untuk pengangkutan motor dengan truk secara gratis.

"Total kuota pengangkutan mudik sepeda motor sebanyak 900 unit, yang terbagi menjadi 450 unit untuk arus mudik dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 30 unit truk (15 unit truk mudik dan 15 unit truk balik),” tutur Dirjen Hendro.

28 Kota Tujuan

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan, Suharto menyampaikan bahwa Kota Tujuan Mudik dan Balik tahun ini sebanyak 28 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta wilayah Sumatera.

Secara rinci, 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 18 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta. Selanjutnya 5 kota di Provinsi Jawa Timur yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Dan terakhir wilayah Sumatera 2 Kota yaitu Lampung dan Palembang.

“Sementara untuk kota keberangkatan atau asal arus balik terdapat 8 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta,” ungkap Suharto.

Waktu Pemberangkatan

Adapun penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada hari Minggu, 16 April 2023 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada hari Senin 17 April 2023.

“Untuk pemberangkatan penumpang arus mudik akan diberangkatkan dari 5 Terminal yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Terminal Tipe A Jatijajar Depok, pada tanggal 18 April 2023. Sementara untuk Terminal Kampung Rambutan Jakarta dan Terminal Tipe A Poris Plawad pada tanggal 19 April 2023,” lanjutnya lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement