Kereta Api Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
16 Maret 2023, 06:10
Sejumlah warga melihat kondisi tanah longsor di jalur rel Kereta Api (KA) Pangrango lintas Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023). Tanah longsor yang disebabkan curah hujan yang tinggi di wilayah Kota Bogor pada Selas
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym.
Sejumlah warga melihat kondisi tanah longsor di jalur rel Kereta Api (KA) Pangrango lintas Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023). Tanah longsor yang disebabkan curah hujan yang tinggi di wilayah Kota Bogor pada Selasa (14/3/) malam itu mengakibatkan jalur rel kereta api sepanjang 25 meter menggantung sehingga seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi (PP) dibatalkan.

Sebanyak lima dari enam jadwal keberangkan Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi beroperasi kembali hari ini, Kamis (16/3). Sebelumnya, pengoperasian kereta api tersebut sempat dibatalkan karena terdampak longsor.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya dan Kemenhub melakukan sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis. Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali normal yakni dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor.

"Sehingga setelah dilakukan ujicoba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan maka sejak Kamis dinihari jalur dinyatakan aman untuk operasional KA," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (16/3).

Adapun untuk perjalanan pagi ini, hanya lima dari enam perjalanan kereta api yang beroperasi. Satu perjalanan kereta api dibatalkan yaitu KA 213 relasi Sukabumi - Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara 5 perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang.

Berikut daftar 5 KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 :

Keberangkatan Stasiun Bogor
- KA 216C jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB
- KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB
- KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB

Keberangkatan Stasiun Sukabumi
- KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB
- KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...