Deretan Gerai Transmart yang Tutup Permanen, Terbaru di Lebak Bulus

Tia Dwitiani Komalasari
14 Oktober 2023, 12:31
Pengunjung berbelanja di Gerai Transmart Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) aman menjelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 2022 dimana ketersediaan beras hingga
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Pengunjung berbelanja di Gerai Transmart Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) aman menjelang bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 2022 dimana ketersediaan beras hingga Mei 2022 surplus 8,7 juta ton, jagung surplus 3,2 juta ton, daging ayam ras surplus 357.700 ton dan gula surplus 544.000 ton.

Sejumlah gerai Transmart terpantau tutup permanan sejak pandemi Covid-19. Terbaru, Transmart Lebak Bulus akan tutup permanen mulai 1 November 2023.

"Setelah hadir selama kurang lebih 22 tahun di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dengan berat hati kami sampaikan bahwa per tanggal 1 November 2023, Transmart Lebak Bulus akan berhenti melayani pelanggan dan ditutup secara permanen,” kata Satria Hamid, Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10).

Satria mengatakan, penutupan operasional Transmart Lebak Bulus disebabkan karena berakhirnya masa kontrak antara PT Trans Retail Indonesia dengan pihak pemilik lahan gedung yaitu PT Metropolitan Kentjana, Tbk.  Pemilik lahan memutuskan akan melakukan penyegaran dan mengembangkan konsep baru pusat perbelanjaan dengan nuansa yang lebih mewah.

Dia mengatakan, keputusan tersebut menyebabkan seluruh tenan yang ada di area ini akan ditutup, termasuk Transmart.  Namun, Satria mengatakan, tidak menutup kemungkinan Transmart akan hadir kembali di lokasi ini dengan konsep baru.

Deretan Gerai Transmart yang Tutup

Namun, penutupan gerai Transmart bukan yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan milik Chairul Tanjung tersebut. Sebelumnya Satria mengatakan, penutupan gerai Transmart itu dilakukan guna mengefisiensi di tengah badai ekonomi yang sedang menerpa Indonesia. Ditambah, meningkatnya fenomena belanja online di kalangan masyarakat.

Berikut tujuh gerai Transmart yang telah ditutup permanen:

1. Transmart Cabang ITC Kuningan

Salah satu gerai yang sudah tutup lebih awal adalah Transmart cabang ITC Kuningan, Jakarta Selatan. Pusat perbelanjaan di lantai UG sudah tutup permanen sejak 31 Oktober 2022. 

 2. Transmart Blok M Square

Transmart Blok M Square tutup pada awal 2023. Pada Januari 2023, Katadata.co.id telah memantau gerai Transmart di dalam Blok M Square tersebut. Berdasarkan pantauan saat itu, gerai Transmart memang sudah sepi pengunjung.

3. Transmart di Mangga Dua Square

Kemudian, juga terdapat Transmart Mangga Dua Square yang terletak di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara. Transmart ini sudah tutup sejak akhir 2022.

4. Transmart ITC Permata Hijau Jakarta Selatan

Transmart ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan juga sudah tutup permanen sejak 2022.

5. Transmart  Mal Ambassador

Selanjutnya terdapat Transmart Mal Ambassador yang juga masuk ke dalam deretan Transmart yang tutup permanen pada 2022. Transmart ini berada di Jalan Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

6. Transmart ITC Cempaka Mas

Transmart ITC Cempaka Mas juga masuk ke dalam deretan Transmart yang sudah tutup sejak 2022 lalu. S

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...