Podcast Kian Populer di Kalangan Anak Muda

Menurut survei Reuters Institute bersama University of Oxford pada 2019, lebih dari sepertiga orang segala umur di 38 negara mendengarkan podcast.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
10 Februari 2020, 15:19

Di era digital, masyarakat semakin familiar dengan adanya podcast. Menurut The Telegraph, podcast merupakan acara berbasis audio yang terdiri dari berbagai episode dan dapat didengarkan secara online maupun diunduh dari Internet.

Pada 2017, Spotify meminta perusahaan riset Kantar TNS menyurvei pendengar radio dan podcast di Indonesia. Hasilnya mengejutkan. Hampir separuh pendengar audio, menghabiskan waktunya menyimak podcast lewat platform seperti Spotify. Saat itu, popularitas podcast sudah menyamai siaran radio-radio konvensional.

Banyak data menunjukkan, podcast memang makin akrab di telinga banyak orang di pelbagai negara, terutama di kalangan milenial. Menurut survei Reuters Institute bersama University of Oxford pada 2019, lebih dari sepertiga orang segala umur di 38 negara mendengarkan podcast. Bahkan, di antara anak-anak muda – mereka yang berusia kurang dari 35 tahun – kini lebih dari separuhnya ‘tak bisa hidup’ tanpa podcast.

Hasil wawancara Katadata pada 4 Februari 2020 dengan 15 orang berusia antara 20 hingga 40 tahun juga menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap podcast. Sebanyak 93,3 persen narasumber merupakan pendengar podcast. 26,6 persen diantaranya mendengarkan podcast seminggu sekali dengan rata-rata durasi sekitar lima sampai 30 menit. Hiburan, pengetahuan dan self-improvement, serta cerita misteri menjadi topik yang paling banyak disimak dengan persentase masing-masing sebesar 20 persen.

Pada platform Spotify, podcast bergenre komedi menduduki posisi pertama Top Podcast Spotify Indonesia periode Februari 2020. Sedangkan podcast cerita misteri berada di posisi kedua podcast teratas Spotify. Berbagai topik lain seperti sosial budaya, olahraga, serta seni dan hiburan juga termasuk dalam lima genre favorit pendengar Spotify.

Melihat popularitas podcast di Indonesia, Pegipegi sebagai perusahaan Online Travel Agent (OTA) menjadi pionir yang membuat podcast seputar traveling. Sudah ada sembilan episode podcast yang diunggah Pegipegi ke kanal Ngobrol Pegipegi di Spotify dan Apple iTunes. Pegipegi mengunggah episode baru setiap minggunya pada hari Senin dengan mendatangkan bintang tamu, di antaranya travel bloger, travel antusias, maupun tokoh inspiratif lainnya disesuaikan dengan tema yang dibawakan. Ada tiga tema besar yang dibahas pada podcast Ngobrol Pegipegi yakni travel info, inspiration travel story, dan what's new.