Kontribusi Perempuan dalam UMKM Turut Dongkrak PDB

Kontribusi UMKM ini juga tidak lepas dari peran perempuan wirausaha yang jumlahnya mencapai 14,3 juta orang pada 2018
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
26 November 2018, 17:28

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah terbukti menjadi penggerak tumbuhnya ekonomi di Indonesia. Hal itu terlihat dari tingginya kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mencapai 60 persen.

Selain itu, UMKM juga berhasil membuka lapangan kerja untuk 96,87 persen angkatan kerja atau menyerap sekitar 116,73 juta orang. Kontribusi UMKM ini juga tidak lepas dari peran perempuan wirausaha yang jumlahnya mencapai 14,3 juta orang pada 2018, di mana angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni sebanyak 12,7 juta orang.

Di sisi lain, partisipasi perempuan dalam UMKM ini berkontribusi hingga 9,1 persen terhadap PDB, serta sekitar 5 persen terhadap ekspor.

 

 

This article was produced in partnership with Investing in Women, an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.