Sentra Bisnis Perikanan Siap Pacu Perekonomian

Berbagai sarana infrastruktur disiapkan untuk mendukung program yang siap memacu perekonomian
Tim Riset dan Publikasi
Oleh Tim Riset dan Publikasi
9 November 2017, 09:39

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mengembangkan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di wilayah pesisir. Berbagai sarana infrastruktur disiapkan untuk mendukung program yang siap memacu perekonomian ini.

12 SKPT akan dibangun pada 2017, antara lain di Natuna, Saumlaki, Merauke, Mentawai, Nunukan, dan Talaud. Selain itu ada juga Morotai, Biak Numfor, Mimika, Rote Ndao, Sumba Timur, dan Sabang. Sementara 5 SKPT telah dibangun pada 2015 dan 2016, antara lain Simeuleu, Tahuna, Tual, Sarmi, danMoa.

Beberapa SKPT memiliki akses yang cukup dekat dengan negara tetangga dan bisa menjadi pintu perdagangan internasional.Misalnya SKPT yang akan dibangun di Saumlaki memiliki jarak yang dekat dengan Darwin, Australia. Selain itu, Morotai dan Talaud juga memiliki kedekatan jarak dengan Filipina. Adapun, beberapa SKPT juga memiliki kedekatan dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Untuk mendukung pembangunan SKPT, KKP memberikan bantuan antara lain 1.010 unit kapal dan  alat penangkap ikan, 10 unit integrated cold storage, 2 unit gudang rumput laut, 36 unit dermaga apung, serta 450 unit alat budidaya.