10 BUMDes dengan Omzet Miliaran Rupiah

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
30 November 2018, 17:57
10 Bumdes dengan Omset Miliaran Rupiah
Katadata

Alokasi dana desa yang digulirkan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (PDTT) tidak hanya dapat digunakan sebagai dukungan pembangunan fisik. Tetapi juga memperluas usaha produktif masyarakat perdesaan melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Satu dari empat program prioritas dana desa ini menggunakan skema penyertaan modal pengelolaan produksi, distribusi dan pemasaran untuk menghasilkan produk unggulan desa. Pada akhirnya, BUMDes menjadi salah satu tombak kekuatan ekonomi perdesaan. Melalui pengembangannya, omzet miliaran rupiah bukan menjadi hal mustahil bagi usaha lokal.

Adapun pada 2017, BUMDes Tirta Mandiri di Klaten, Jawa Tengah memiliki omzet paling besar di antara BUMDes lainnya, yakni mencapai Rp 12 miliar. Sementara, sembilan BUMDes lain dengan omzet miliaran rupiah yakni Tirtonirmolo (Yogyakarta), Mandala Giri Amerta (Bali), Karang Kandri Sejahtera (Jawa Tengah), dan Bangun Jaya (Riau). Selain itu ada Sejahtera (Yogyakarta), Bulan Purnama (Bali), dan Tunjung Mekar (Bali). Secara keseluruhan, usaha simpan pinjam mendominasi BUMDes beromzet miliaran rupiah.

Reporter: Tim Publikasi Katadata
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...