Andil Transmigrasi Membangun Negeri

Tim Publikasi Katadata

17/12/2018, 23.44 WIB

Transmigrasi menyumbang kontribusi positif dalam pemerataan pembangunan nasional.

Transmigrasi menjadi upaya mewujudkan pemerataan pembangunan nasional, terutama di kawasan perbatasan dan tertinggal. Program berbasis kawasan ini memberikan sejumlah kontribusi positif dalam rangka membuka keterisolasian daerah terpencil, membangun kawasan permukiman baru, hingga mewujudkan kemandirian pangan.

Selain berhasil membuka keterisolasian kawasan transmigrasi melalui pembangunan 68.002 kilometer (km) jalan penghubung, transmigrasi turut mendorong terbentuknya 1.183 permukiman menjadi desa mandiri (definitif) hingga 2018. Kontribusi lain transmigrasi terhadap pembangunan nasional yakni membentuk dua ibu kota baru provinsi dan 104 ibu kota kecamatan.

Transmigrasi juga turut menjadi solusi masalah pangan nasional. Melalui perluasan area pertanian hingga 8,1 juta hektar, pemerintah optimistis ketahanan pangan dapat tercapai sehingga komitmen pengurangan impor bahan pangan dapat terwujud.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha