Dana Desa untuk Pemerataan Pembangunan

Tim Publikasi Katadata

17/12/2018, 23.38 WIB

Jangkauan empat program prioritas dana desa kian luas dalam mendorong pemerataan.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) menetapkan empat program prioritas penggunaan dana desa dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan desa. Selama empat tahun, jangkauan keempat program tersebut kian meluas.

Pertama, pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) yang bertujuan mengembangkan potensi yang dimiliki desa melalui klasterisasi atau pengelompokkan produk unggulan. Program ini telah menjangkau 148 kabupaten di Indonesia dan menghasilkan 343 produk andalan.

Kedua, pembangunan embung desa. Hingga semester I 2018, terdapat 3.026 unit embung yang terbangun. Selain berfungsi sebagai sumber pengairan sawah, embung dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi, olahraga, dan pusat aktivitas lainnya oleh warga.

Program prioritas selanjutnya yakni penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sebanyak 14.770 kegiatan BUMDes telah melibatkan masyarakat perdesaan. Selain itu, 54.487 desa yang telah memiliki koperasi melakukan kerja sama dengan BUMDes.

Adapun program prioritas keempat yakni pembangunan Sarana Olahraga Desa (Raga Desa). Berkat program ini, masyarakat memiliki ruang publik untuk melakukan aktivitas dan kegiatan lainnya. Hingga kini telah terbangun sebanyak 11.399 unit sarana olahraga.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha