Desa Sehat, Anak-Anak Bebas Stunting

Tim Publikasi Katadata

17/12/2018, 23.36 WIB

Dana desa dapat digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas kesehatan dasar.

Masalah balita pendek (stunting) masih menjadi persoalan di Indonesia. Oleh karenanya berbagai upaya dilakukan untuk menekan jumlah balita pendek. Salah satunya melalui penggunaan dana desa untuk membangun fasilitas kesehatan dasar.

Sejak digulirkan pada 2015, dana desa digunakan untuk membangun sebanyak 942.927 unit sarana air bersih, 178.034 unit mandi cuci kakus (MCK), 8.028 unit pondok bersalin desa (Polindes), dan 18.477 unit pos pelayanan terpadu (Posyandu). Pembangunan fasilitas ini diharapkan dapat menggenjot penurunan stunting.

Pemerintah sendiri menargetkan angka stunting nasional turun menjadi 28 persen pada 2019. Berbagai program untuk memberikan perawatan terbaik selama 1.000 hari pertama kelahiran anak terus dilakukan. Sebelumnya, angka penderita balita pendek pada 2013 masih sebesar 37,2 persen.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha