Ekonomi Kreatif

4/3/2019, 11.41 WIB

Sarita Sutedja: Bahagia Lewat Makanan

Warunk Upnormal telah menjadi fenomena baru di industri kuliner tanah air. Di bawah bendera Cita Rasa Prima (CRP) Group, bisnis kuliner yang dibangun tujuh sekawan dari Bandung ini terus mengembang merek-merek baru. Beberapa merek yang sudah akrab di telinga masyarakat, antara lain Bakso Boedjangan, Nasi Goreng Mafia, Martabak Maskulin, serta Upnormal Coffee Roaster.

Sarita Sutedja adalah salah satu pendiri CRP Group. Dia menceritakan, bisnis kuliner merupakan salah satu usaha yang telah dilakoni sejak lebih 10 tahun lalu. Mulai dari jasa periklanan, perusahaan konsultan, hingga buka warteg. Semuanya tutup akibat gagal memperoleh untung. “Kalau ditanya pernah gagal berapa kali. Agak banyak sih, sekitar 10 lebih,” tuturnya kepada Katadata.co.id.

Jatuh bangun dalam menjalankan usaha tidak mematahkan semangat mereka. Justru itu menjadi pelajaran untuk membangun bisnis selanjutnya. “Akhirnya kesimpulannya, kita harus fokus kalau menjalani bisnis,” kata Sarita.

Ada banyak inspirasi yang diberikan Sarita. Termasuk arti kesuksesan. Baginya, kesuksesan tidak selamanya dinikmati sendiri. Justru yang terpenting, katanya, hasil kerja yang telah dilakukan saat ini dapat dinikmati orang lain. “Terutama kalau saya nanti tidak ada lagi di dunia ini.”