Industri

10/6/2019, 13.30 WIB

Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Kunci Pertumbuhan Ekonomi

Sejumlah studi telah menunjukkan kesetaraan gender di sebuah negara mampu meningkatkan ekonomi. Maka dari itu, Australia mendukung  kesetaraan gender di tempat kerja di Indonesia karena kesuksesan Indonesia untuk meningkatkan ekomoni menjadi penting bagi Australia. 

 

Demikian kata Deputy Head of Mission at the Australian Embassy in Jakarta, Allaster Cox dalam video kampanye gender equality in workplace bersama Investing in Women dan Katadata.co.id.

 

Kesetaraan gender di tempat kerja dalam beberapa tahun terakhir telah terlihat di Indonesia. Salah satunya upah yang sama untuk pekerjaan yang sama.

 

Namun, kemajuan itu masih perlu ditingkatkan lagi, terutama mempromosikan peran perempuan di posisi senior. Sebab, statistik menunjukkan hanya 6 persen perempuan di Indonesia menjadi CEO atau duduk di jajaran direksi di sejumlah perusahaan besar di Tanah Air.

 

Tak hanya itu, Allaster mengatakan, laki-laki harus diikutsertakan perannya baik di rumah maupun di tempat kerja. 

 

Kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan di sebuah negara mampu membuat masyarakatnya jauh lebih makmur. Lebih lanjut, dia berharap dengan semakin meningkatnya kesetaraan gender di Indonesia, maka pertumbuhan, produktivitas, dan persaingan ekonomi Indonesia akan jauh lebih baik. 

 

This article was produced in partnership with Investing in Women,  an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia