Replikasi Inovasi: Kreativitas Mengolah Limbah Kayu

Tim Publikasi Katadata

27/12/2019, 12.25 WIB

Sejak 2017, aktivitas pemuda di Desa Jembatan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbilang semakin produktif.

Sejak 2017, aktivitas pemuda di Desa Jembatan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur terbilang semakin produktif. Kondisi ini tercipta berkat penerapan inovasi berupa pembuatan kerajinan piala berbahan kayu.

 

Kepala Desa Jembayan Tengah Rahimin menuturkan, anak-anak muda berusia antara 18 – 20 tahun di desanya bernaung dalam kelompok Muda Kreatif. Mereka menjadi ujung tonggak pembuatan piala kayu yang kini menjadi produk andalan khas Jembayan Tengah.

 

“Dulu, kebiasaan mereka (pemuda desa) itu nongkrong-nongkrong di luar dan kegiatannya lebih mengarah ke hal negatif. Sekarang, mereka punya kegiatan yang membuat mereka meninggalkan kebiasaan itu bahkan meningkatkan skill mereka,” kata Rahimin.

 

Kelompok Muda Kreatif sebetulnya bagian dari BUMDes DJT Berjaya. Unit usaha BUMDes ini khusus diisi pemuda yang terampil dalam membuat produk kerajinan berbahan kayu, seperti piala dan plakat. Kelompok Muda Kreatif fokus mengerjakan produksi, sedangkan pemasaran dan manajemen bisnis ditangani BUMDes.

 

Seperti apa kreatifitas pengolahan limbah kayu ini? Saksikan video visualisasi data dan informasi dari desa-desa yang melakukan replikasi dan inovasi, berikut ini..

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Artikel Terpopuler