Replikasi Inovasi: Posyandu dan Posbindu Solusi Masalah Kesehatan

Tim Publikasi Katadata

27/12/2019, 14.07 WIB

Penyempurnaan fasilitas kesehatan Posyandu dan Posbindu ini seolah menjadi jawaban dan memberi dampak positif bagi warga.

Masalah kesehatan menjadi masalah yang serius di Kampung Margomulyo, Distrik Oransbari, Papua Barat. Pasalnya, penyakit tidak menular merupakan salah satu momok yang menghantui masyarakat sekitar. Sebelum tahun 2015, tidak sedikit balita kekurangan gizi dan warga yang meninggal mendadak tanpa diketahui penyebabnya.

Namun, persoalan yang ada dihadapi dengan optimistis. Penyempurnaan fasilitas kesehatan Posyandu dan Posbindu ini seolah menjadi jawaban dan memberi dampak positif bagi warga. Kepala kampung dan warga berkomitmen penuh atas penyempurnaan layanan kesehatan untuk anak-anak dan orang dewasa ini.

Implementasi inovasi ini semakin diperkuat ketika Margomulyo mengikuti bursa inovasi desa pada 2017. Jumlah ibu hamil berisiko, balita kekurangan gizi, serta kematian akibat penyakit tidak menular tercatat mengalami penurunan.

Capaian tersebut ditopang dengan program-program kesehatan yang memanfaatkan penggunaan dana desa. Apa saja programnya? Saksikan dalam video berikut ini..

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Artikel Terpopuler