Replikasi Inovasi: Produk Batako Memanfaatkan Lahan Bekas Tambang

Tim Publikasi Katadata

27/12/2019, 13.46 WIB

Pemerintah desa bersama dengan Bumdes Bukit Kijang Sejahtera berupaya mengolah lahan bekas tambang, yang terinspirasi dari Desa Terong di Belitung.

Lahan bekas tambang menyelimuti hampir lima puluh persen dari 186,19 hektar wilayah Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Pada masa lalu, hampir seluruh warga bukit kijang mengandalkan penambangan timah untuk menopang kebutuhan hidup mereka. Namun, keterbatasan sumber daya alam membuat penghasilan warga yang sebagian besar berprofesi penambang timah ini berangsur menyusut.

Berkaca dari persoalan yang ada, pemerintah desa bersama dengan Bumdes Bukit Kijang Sejahtera berupaya mengolah lahan bekas tambang, yang terinspirasi dari Desa Terong di Belitung. Salah satunya dengan membuat pabrik batako.

Bagaimana proses pembuatan batako yang berbahan dasar pasir adri lahan bekas tambang ini? Simak videonya berikut ini..

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembangunan desa dan kawasan perdesaan, pemberdayaan masyarakat desa, percepatan pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi. Kemendes PDTT berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian ini dipimpin oleh seorang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Marwan Ja'far, kemudian pada 2016 tongkat kepemimpinan beralih kepada Eko Putro Sandjojo.

 

Kunjungi http://kemendesa.go.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Artikel Terpopuler