Ratri Kartika W.
2 Agustus 2022, 12:30

Video: Protes Warganet, Siram Air Pipis Untuk Kominfo

Kebijakan PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) Lingkup Privat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menuai berbagai aksi protes masyarakat. Pasalnya sejumlah layanan digital yang beroperasi di Indonesia dan berkaitan dengan aktivitas ekonomi terblokir.

Protes ini kian panas saat layanan pembayaran internasional PayPal, platform game online Steam, hingga Epic Games terblokir. Menyebabkan para gamers, content creator, dan freelance yang menerima pekerjaan dari luar negeri tidak bisa melakukan kegiatan ekonomi mereka.

Sementara warganet juga mempersoalkan terkait situs permainan yang erat dengan judi online justru masih dapat diakses.

Protes warganet tidak hanya dengan beramai-ramai menggunakan hashtag #BlokirKominfo di dunia maya, namun juga dengan aksi 'siram air pipis' ke gedung Kementerian Kominfo di Jakarta Pusat pada Senin siang (1/8). Aksi ini dilakukan atas rasa kecewa yang secara simbolis oleh perwakilan Blok Politik Pelajar.

"Kekecewaan kami terhadap Kominfo sebagai aktor, dan Permenkominfo yang dikeluarkan sebagai produknya, karena ternyata itu merugikan beberapa elemen masyarakat, gamers, ya kan, konten kreator, bahkan para freelance journalist dan lain-lain," jelas Ahmad, Juru Bicara Blok Politik Pelajar.

Sementara Menteri Kominfo Johnny G. Plate menanggapi protes masyarakat dengan memberikan kesempatan dengan melakukan normalisasi sementara ke sejumlah situs yang erat dengan kepentingan masyarakat hingga syarat PSE dipenuhi.

"Mereka juga diberikan untuk mendaftarkan PSE, apabila tidak terdaftar maka akan dilakukan pemblokiran sementara. Kesempatan itu diberikan kembali dengan catatan kami akan melakukan koordinasi agar pendaftaran melalui online single submission bisa dilakukan," terang Johnny saat diminta tanggapan di Kantor KPU RI, Senin (1/8).

Dalam kesempatan itu, Sekjen Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga mengajak masyarakat dengan berbagai elemen untuk mendorong PSE yang beroperasi di Indonesia melaksanakan kewajiban mengikuti undang-undang di Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami