Pencarian Eril Masih Dilanjutkan Meski Sudah Dianggap Meninggal Dunia

Amelia Yesidora
3 Juni 2022, 10:51
Ridwal Kamil, Eril
instagram/@ridwankamil
Ridwal Kamil dan anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah resmi menyatakan bahwa Emmeril Khan Mumtadz (22) yang dikenal dengan nama  Eril meninggal dunia. Pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya pun sudah kembali ke Tanah Air.

Meski begitu, proses pencarian Eris masih dilanjutkan. Kini, pemantauan pencarian Eril di Swiss diwakilkan oleh adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman.

“Hari ini saya ada di Swiss, sejak kemarin ditugaskan pihak keluarga dan Pak Ridwan Kamil untuk melanjutkan pemantauan mencari Eril,” kata Elpi dalam konferensi pers, Jumat (3/6).

Eril hilang di Sungai Aare, Swiss sejak 26 Mei. Pencarian selama tujuh hari berturut-turut ditempuh dengan berbagai cara. Kepolisian bersama tim SAR dan keluarga menyusuri sungai Aare menggunakan kapal. Selain itu juga memantau daerah sungai Aare menggunakan drone.

Keluarga mengikhlaskan Eril setelah mendapatkan keterangan dari kepolisian dan KBRI. Kepolisian kini mengubah status pencarian Eril menjadi mencari orang yang tenggelam, bukan lagi mencari orang yang hilang. "Kami mendapatkan informasi (kepolisian) fokus mencari Eril dalam keadaan yang bisa dinyatakan sebagai sahid akhirat dalam pandangan kami," kata Elpi.

Kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzzaman, menyebutkan bahwa pihak keluarga telah menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat untuk melakukan shalat gaib untuk Eril. Erwin bersama MUI Jawa Barat juga mengajak umat muslim untuk melaksanakan Salat Gaib, baik sebelum atau sesudah Salat Jumat (3/6).

Keluarga mengenang keputusan Eril bertolak ke Swiss yang bertujuan menimba ilmu dan upaya baiknya untuk memastikan keamanan saudaranya ketika berenang di Sungai Aare. “Dari peristiwa ini, kami sekeluarga berprasangka baik, InsyaAllah Eril wafat dalam keadaan khusnul khotimah dan memenuhi hadist nabi dalam ketentuan tertentu sebagai sahid akhirat,” kata Erwin.

Ridwan Kamil dan Atalia Ikhlaskan Kepergian Eril

Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya, sudah memutuskan pulang ke Tanah Air. Pesan ini disampaikan Atalia dalam unggahan di akun Instagramnya pada Kamis (2/6). Ia juga memposting fotonya bersama sang suami dan putri mereka, Camillia Laetitia Azzahra sedang duduk di tepian Sungai Aare.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...