Menteri Yasonna Bantah Isu Anaknya Terlibat Bisnis Ilegal di Lapas

Andi M. Arief
2 Mei 2023, 12:19
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memasuki mobil usai melakukan pertemuan dengan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (16/2/2023).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memasuki mobil usai melakukan pertemuan dengan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly membantah keterlibatan anaknya dalam bisnis ilegal di lembaga pemasyarakatan atau lapas. Yasonna juga membantah anaknya yang bernama Yamitema Laoly terlibat dalam Yayasan Jeera yang menjalankan bisnis di lapas.

"Bohong besar itu, nanti ada keterangan dari Kepala Lapasnya. Dia, anak saya, enggak ikut bisnis di dalam lapas," kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Selasa (2/5).

Yasonna menyatakan tudingan kepada anaknya terkait urusan politik. "Biasa lah, politik," kata dia.

Kabar keterlibatan anak Yasonna heboh di media sosial setelah artis Tio Pakusadewa menceritakan pengalamannya di penjara dalam wawancara di Youtube Uya Kuya.

Tio menyebut ada mantan napi yang menggaet anak menteri untuk berbisnis di lapas. Tio tak menyebut nama menteri dan anaknya.

Tio menjelaskan ada yayasan yang menguasai bisnis di lapas. Yayasan itu menguasai kantin dan bisnis minuman yang menyediakan makanan yang layak dimakan. Sedangkan makanan di penjara tak layak di makan. "Nama nasinya cado, hanya bisa dimakan lima menit pertama," kata dia.

Selain menceritakan bisnis di lapas, Tio juga menceritakan bagaimana pabrik narkoba dikendalikan dari penjara. Penjualan narkoba pun beredar di dalam lapas.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...