PUPR Bakal Hibahkan Rumah Tahan Gempa untuk Masyarakat Miskin

Nadya Zahira
15 Mei 2023, 18:08
Model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) bantuan pemerintah untuk nelayan di Desa Kedungmalang, Jepara, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/pras.
Model Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) bantuan pemerintah untuk nelayan di Desa Kedungmalang, Jepara, Jawa Tengah, Senin (27/7/2020).

Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR sedang menyiapkan program Ritta (Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa). Program ini berlokasi di Prabumulih, Sumatera Selatan, dengan kapasitas sebanyak 100 unit.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Fitrah Nur mengatakan program Ritta tersebut dibangun guna membantu masyarakat kurang mampu agar bisa memiliki tempat huni yang layak dan nyaman. Untuk itu, hunian tersebut akan dihibahkan kepada mereka yang membutuhkan, sehingga tidak diperjualbelikan.

Pemerintah belum mengumumkan besaran anggaran untuk pembangunan hunian itu, karena peraturan resminya belum ada.

"Aturannya belum ada jadi belum bisa kami sebutkan besaran anggarannya, karena kami ingin menguji coba (proyek) ini," ujar Fitrah saat ditemui awak media, di Kantor PUPR, Senin (15/5).

Fitrah mengatakan saat ini program tersebut sedang dalam tahap proses uji coba, dan berkolaborasi dengan semua pihak yang terkait, di antaranya pemerintah daerah, pemerintah provinsi, Cipta Karya, dan Corporate Social Responsibility atau CSR.

"Jadi kolaborasinya itu, tanahnya dan kebutuhan air dari Pemda, anggaran pembangunannya dari CSR. Lalu jalan aksesnya dari Pemprov, dan Cipta Karya akan membantu membuat tempat pengumpulan sampah karena rata-rata penghuninya adalah pemulung," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...