Teknologi Chatbot Digandrungi, Pengguna Startup Kata.ai Tumbuh 170%
Startup teknologi, Kata.ai, mencatatkan pertumbuhan pengguna hingga 170% pada awal 2022 secara tahunan (year on year/yoy). Pendorongnya, layanan percakapan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) alias chatbot digandrungi oleh sejumlah industri, mulai dari jasa keuangan hingga pemerintahan.
CEO & Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya mengatakan, pada awal 2022 Kata.ai mencatatkan pertumbuhan bisnis 80%. Kemudian, terjadi peningkatan dua kali lipat pertumbuhan percakapan pada semua lini chatbot yang diproduksi terhadap lebih dari 150 bisnis yang dibantu oleh Kata.ai.
Peningkatan tersebut terdorong oleh kondisi pandemi Covid-19 yang menjadikan teknologi chatbot sebagai alternatif solusi bisnis. "Serapan industri Indonesia terhadap chatbot terlihat semakin terakselerasi," kata Irzan dalam konferensi pers virtual pada Selasa (31/5).
Chatbot menurutnya mampu beroperasi selama 24 jam 7 hari. Teknologi ini juga mampu melayani konsumen 100% secara real-time.
Chatbot banyak digandrungi sejumlah industri di Indonesia mulai dari jasa keuangan, ritel, e-commerce, hingga pemerintahan. Sebanyak 71% pengguna memanfaatkan chatbot untuk customer service, kemudian 12% untuk asisten virtual.