Rajin Melancong di Tengah Badai Pandemi

Ameidyo Daud Nasution
27 Maret 2023, 10:56
pandemi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, katadata25
Katadata/Ilustrasi: Lambok Hutabarat
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Di tengah pembatasan mobilitas akibat semakin meningkatnya badai pandemi pertengahan 2020 lalu, Retno Marsudi justru makin sering melancong ke luar negeri. Namun, tujuannya bukan untuk berwisata atau menghadiri konferensi internasional. Menteri Luar Negeri Indonesia ini aktif menjalankan diplomasi untuk pengadaan vaksin Covid-19 .

Sejak awal penularan Covid-19, Retno langsung menggunakan jaringan internasionalnya agar Indonesia secepatnya mendapatkan vaksin. Lobi kiri - kanan dijalankan. Setiap negara memang harus berlomba-lomba mendapatkan, setidaknya komitmen, pasokan vaksin dari para produsen yang masih terbatas dan minimnya produksi.

"Jika tidak bergerak cepat, saya yakin tidak bisa melakukan vaksinasi," kata Retno, 22 Oktober 2021 lalu dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada. Beberapa kali Retno terbang ke sejumlah negara, seperti Inggris, Swiss, hingga Cina hanya untuk mengamankan pasokan vaksin untuk Indonesia.

Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil. Awal Desember 2020, Indonesia berhasil mendapatkan vaksin pertamanya yakni Sinovac dari Cina.

Tak hanya itu, diplomasi Retno juga berhasil mengamankan vaksin dengan skema dose sharing atau berbagi dosis dengan negara maju, seperti Australia, Selandia Baru, Jepang, hingga Prancis.

Alhasil, Indonesia termasuk dari sedikit negara yang mampu mendapatkan ratusan juta dosis vaksin dari berbagai negara dan produsen. Sepanjang 2022, pemerintah mengamankan 516 juta dosis vaksin, yang 137 juta di antaranya berasal dari jalan diplomasi.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...