Drama The Penthouse 3 Dikecam, Dinilai Iklankan Produk Berlebihan

Image title
16 Juni 2021, 13:03
The Penthouse 3
Berbagai Sumber
The Penthouse 3

ZIGI – Usai isu perampasan budaya akibat penampilan karakter Park Eun Seok, drama The Penthouse 3 kembali menuai kritikan. Kali ini, tontonan garapan SBS itu dikecam karena melakukan PPL (product placement) atau penempatan produk untuk keperluan iklan yang dinilai berlebihan. Hal tersebut memang menjadi kontroversi di Korea Selatan. 

Sebelumnya, dua drama Korea populer seperti True Beauty (2020) dan Vincenzo (2021) sempat distorot karena menampilkan produk asal Tiongkok. Pada akhirnya, tim produksi merilis permintaan maaf. Lantas apa yang menjadi masalah dalam drama The Penthouse 3 yang baru saja menayangkan dua episode perdana? Yuk baca artikelnya di bawah ini. 

Drama The Penthouse 3 Tampilkan Produk Iklan Dinilai Berlebihan


Source: Koreaboo

Dilansir dari laman Koreaboo pada Rabu, 16 Juni 2021, drama The Penthouse 3 dinilai menampilkan terlalu banyak produk iklan yang mungkin tidak disadari oleh para penonton.

Dalam episode kedua, ada sebuah adegan ketika Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) datang ke sebuah kafe bernama COFFEE BAY. Kemudian, dia menikmati makanan bingsoo (es serut) bersama putrinya, Ha Eun Byeol (Choi Ye Bin) dan asisten rumah tangga Jin Boon Hong (Ahn Yeon Hong).

Ternyata, adegan ini mendapat kecaman dari netizen Korea. Saat Ha Eun Byeol dan Jin Boon Hong hendak menikmati bingsoo, Cheon Seo Jin melontarkan kalimat ‘Makan bingsoo seperti ini agar rasanya enak’. Ini sama saja seperti mempromosikan bingsoo dari COFFEE BAY, nama kafe yang dikunjungi ketiganya. Terlebih lagi, nama brand memang sempat disorot. 

Penempatan Produk COFFEE BAY Dinilai Berlebihan


Source: Koreaboo

Pengambilan gambar pun juga menjadi masalah karena nama brand COFFEE BAY disorot dengan kamera zoom in, sehingga tampak sangat jelas. Para penonton The Penthouse 3 mengkritik bahwasaanya pihak produksi tidak perlu menyoroti nama brand seperti demikian hanya untuk kegiatan promosi (PPL). 

Penempatan produk COFFEE BAY yang dapat dilihat berkali-kali selama satu adegan ini menyebabkan banyak ketidaknyamanan untuk para penonton. Bahkan, Kim So Yeon yang memainkan peran Cheon Seo Jin dianggap seperti melakukan rekaman untuk syuting iklan.

Dua Episode Perdana Drama The Penthouse 3 Sama-sama Dikecam


Source: Koreaboo

Tayang perdana pada 4 Juni 2021, drama The Penthouse 3 sudah dua kali terseret dalam kontroversi. Sebelumnya, karakter Alex Lee yang diperankan oleh Park Eun Seok menuai kecaman karena menunjukkan tanda-tanda perampasan budaya terhadap komunitas Afrika-Amerika.

Kala itu, Alex Lee berpenampilan dengan rambut gimbal dan menggunakan logat bahasa Inggris yang sangat ofensif. Karakter baru ini lantas mendapat reaksi keras dari para penonton internasional karena sebagian besar dari mereka merasa tersinggung. Akhirnya, Park Eun Seok secara pribadi meminta maaf.

Hingga artikel ini ditulis, SBS belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kegiatan PPL (product placement) dalam drama The Penthouse 3 episode 2 yang tayang 11 Juni 2021 lalu tersebut. Para penonton menilai bahwa pihak produksi terlalu mempromosikan produk makanan bingsoo dari COFFEE BAY. 

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...