Berkat Jungkook BTS, Produk Teh Kombucha Raih Brand of The Year 2021

Image title
8 September 2021, 12:52
Jungkook BTS
Berbagai sumber
Jungkook BTS

ZIGI – Produk minuman Teazen Kombucha yang disebut Jungkook BTS saat live berhasil mendapat penghargaan Brand of The Year 2021. Penjualan teh tersebut meningkat 800% di dalam dan luar negeri.

Jungkook yang dijuluki ‘King of Sold Out’ mendapatkan ucapan terima kasih dari bos Teazen Kombucha di malam penghargaan Brand of The Year 2021 yang digelar pada Selasa, 7 September 2021.

Perusahaan berinisiatif untuk mendonasikan keuntungan penjualan sebagai bentuk balasan karena Jungkook BTS membantu mengembangkan bisnisnya. Simak cerita lengkapnya di bawah ini!

Produk Minuman Laris Karena Jungkook BTS

image
Photo : Berbagai sumber

Pada Maret 2021, Jungkook berinterikasi dengan seorang penggemar melalui aplikasi VLive. Dilansir dari Allkpop, salah satu fans bertanya produk apa yang sedang ia minum, dan Jungkook menjawab bahwa ia sedang mengonsumsi teh dari Teazen Kombucha. Jungkook rutin mengonsumsi minuman herbal tersebut sekitar dua bungkus per hari setelah mendengar khasiatnya. 

Tidak lama setelah Jungkook memperkenalkan merek kombucha, produk tersebut langsung diserbu oleh penggemar. Menumpuknya pesanan merek tersebut secara online menyebabkan stok menjadi berkurang. Bahkan Jungkook sendiri protest karena kesulitan membeli Komucha rasa lemon.

Satu minggu kemudian, perushaan Teazen mengungkapkan bahwa penjualan mereka meningkat hingga 500% setelah Jungkook BTS mengaku meminum secara rutin. 

"Hanya satu kata darinya dan persediaan kombucha untuk sebulan terjual habis dalam 3 hari. Terima kasih," tulis Teazen di Instagram tentang dampak Jungkook pada penjualan mereka. 

Jungkook Bantu Bisnis Kecil Tumbuh

image
Photo : Instagram/@JJK_Times

Tidak butuh waktu lama bagi Teazen untuk meraih capaian lain. Produk ini misalnya tercatat sebagai produk dengan tingkat ekspor tertinggi yang pernah ada, mencapai 800% lebih besar dibanding ekspor bulan sebelumnya.

Negara yang melakukan pemesanan paling besar adalah Jepang, China, disusul kemudian Amerika Serikat. Beberapa surat kabar Korea seperti Korea Economic Daily, The Donga Ilbo, Daily JoongAng melaporkan dampak Jungkook terhadap bisnis yang sedang tumbuh. 

 

Teazen mencatat pada Juli 2021 menjual hingga 50 juta produk. Jungkook juga disinyalir membuka kesempatan untuk produk kombucha baru rilis. Media Korea melaporkan bahwa banyak perusahaan akhirnya berlomba untuk membuat produk Kombucha untuk dijual setelah siaran VLive Jungkook tersebut. 

Teazen Kombucha Raih Penghargaan

image
Photo : Twitter/@JungkookPub

Teazen Kombucha yang mendapatkan dampak luar biasa setelah disebut Jungkook lantas meraih penghargaan '2021 Brand of The Year' pada 7 September 2021. Penghargaan tersebut diraih setelah melihat penjualan produk tersebut di dalam maupun luar negeri. Sekali lagi, ini membuktikan dampak maknae BTS tersebut bagi industri ekonomi Korea. 

Sebagai bentuk terima kasih, Teazen menyumbang sekitar 43.000 USD kepada masyarakat Korea Selatan. Perusahaan ini menyebut jumlah uang tersebut merupakan pengembalian keuntungan yang disebabkan Jungkook BTS.

Jungkook BTS King of Sold Out

image
Photo : BTS Official Facebook

Tidak hanya sekali Jungkook membuat produk terjual habis. Pada Agustus 2021, BTS mengadakan fanmeeting via Zoom dengan kostum baju tidur. Sebelum fanmeeting berakhir, piyama yang dikenakan Jungkook telah habis terjual.

Total ada 10 item yang terjual setelah dipakai Jungkook, mulai dari jaket Prada, kacamata Presley, boots Prada, jaket Louis Vuitton, T-Shirt Trunk Project, celana pendek, Kate CC Lip Cream, kaos Balenciaga, hingga parfum Forment.

Tidak heran Jungkook mendapat sebutan sebagai King of Sold Out dari para penggemar. Dampak Jungkook yang luar biasa ini mendapat tanggapan luas dari netizen dan terutama ARMY, penggemar BTS. 

"Dampak Jungkook benar-benar gila," tulis salah seorang netizen. 
"Mereka bahkan menjual Kombucha yang diminum Jungkook hingga ke Selandia Baru. Kekuataan Jungkook kalian tahu," komentar lainnya. 
"Hebatnya, ia bahkan tidak secara khusus menyebut nama brand dari Kombucha tersebut," tulis seorang ARMY.
"Jungkook benar-benar King of Sold Out. Luar biasa," kata netizen lain. 

Jungkook BTS berikan dampak luar biasa bagi industri ekonomi Korea Selatan. Ia mampu membuat produk kecil seperti Teazen Kombucha terjual habis hanya dengan sekali menyebutkannya melalui VLive. Daebak!

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...