Survei Zigi-KIC: Gen Z Lebih Pilih Punya e-Wallet Dibanding ATM Bank
ZIGI – Tahukah kamu, hanya 35,4% Generasi Z yang memiliki dan menggunakan ATM bank dalam aktivitas keuangannya. Dalam survei “Perilaku Keuangan Gen Z dan Y” yang dilakukan Zigi.id bersama Katadata Insight Center (KIC), generasi ini mayoritas menggunakan e-Wallet (68%).
Selain ATM, kepemilikan rekening pada generasi ini juga kalah dari e-Wallet. Yuk simak penjelasan hasil survei selengkapnya!
e-Wallet Digunakan Anak Muda
Manajer Riset Katadata Insight Center (KIC), Vivi Zabkie mengatakan alasan penggunaan e-Wallet paling banyak adalah karena mudah digunakan, faktor keamanan, hemat waktu, ada promo dan pembukaan akun yang mudah.
“Alasan kepraktisan ini muncul dalam beberapa riset kami terkait keuangan digital. Apalagi membuka akun e-Wallet sangat mudah dibanding rekening dan ATM, terutama rekening & ATM bank konvensional,” ujar Vivi.
Survei terhadap 5.204 responden yang mayoritas dari Generasi Z dan Generasi Y ini juga menemukan jika rekening bank digital mulai banyak dilirik. Dalam survei ini rekening digital digunakan oleh 24,3% responden. Sedang jika dilihat berdasarkan kelompok generasinya maka, penggunaan atau pembukaan jenis rekening bank pada Gen Z dan Gen Y sedikit berbeda.
Jika pada generasi millenial rekening bank yang banyak dimiliki adalah berasal dari bank konvensional (45,7%) dibanding rekening bank digital (27,5%), maka pada Generasi Z, kepemilikan rekening bank konvensional dan digital nyaris berimbang.
Sebanyak 19,6% Gen Z punya rekening bank konvensional, lalu bank digital 18,5%. Kata Vivi, ini menunjukkan bisa jadi di masa mendatang, kepemilikan rekening bank digital adalah hal yang umum atau biasa.
Kebiasaan Menabung
Dalam survei ini, Zigi.id dan KIC juga menggali kebiasaan menabung Generasi Z dan Y. Hampir 40% responden sudah menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung.
Sebagian besar menyisihkan sebesar 1% hingga 20% dari penghasilan. Namun tabungan yang disimpan tersebut hanya cukup untuk 3 bulan ke depan jika digunakan untuk keperluan sehari-hari.
Bila seandainya ada peningkatan penghasilan dalam 1 bulan kedepan maka dana tersebut akan ditabung oleh 72,2% responden. Sementara 44,4% responden akan menggunakan dana tersebut untuk modal usaha.
Survei Perilaku Keuangan Gen Z dan Y oleh Zigi.id & KIC dilakukan online terhadap 5.204 responden yang tersebar di 34 propinsi. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021 lalu dengan uraian 55% responden dari Generasi Y, Generasi Z (32,5%), Generasi X (12%) dan Baby Boomer (0,5%).
Generasi Z dalam survei ini berusia 15 - 22 tahun dan berjumlah 1.692 responden, sedang Generasi Y berusia 23 - 38 tahun dengan jumlah 2.862. Cek hasil survei Perilaku Keuangan Gen Z dan Y di link ini.