Fitur Baru Twitter Shops Beri Peluang Agar Pengguna Kembangkan Bisnis
ZIGI – Aplikasi media sosial Twitter terus melakukan inovasi demi memuaskan para penggunanya. Medsos berlogo burung biru ini meluncurkan fitur baru yang disebut dengan istilah Twitter Shops.
Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan proses jual beli berbagai barang secara praktis. Lantas seperti apa detail fitur terbaru ini? Apakah sudah bisa diakses oleh pengguna di Indonesia? Langsung saja temukan jawabannya di bawah ini.
Baca Juga: Elon Musk Keluhkan Fitur Foto Profil NFT Twitter, Disebut Sia-Sia
Twitter Shops Masih Terbatas di Kalangan Tertentu
Fitur Twitter Shops memberikan kesempatan bagi pengguna untuk jual beli barang secara langsung di Twitter. Nantinya, pengguna akan mendapatkan tampilan View Shop yang ada di halaman profil di mana ketika diklik, halaman tersebut menyediakan beragam produk yang dijual lengkap dengan harganya.
Dilansir dari The Verge, Kamis, 10 Maret 2022, pengguna bisa memasukkan 50 produk di dalam fitur Twitter Shops. Akan tetapi saat melakukan proses jual beli, penyelesaian transaksi akan tetap dilakukan melalui situs resmi akun penjual.
Sayangnya, pengguna di Indonesia untuk saat ini belum bisa menggunakan fitur tersebut karena masih terbatas di Amerika Serikat saja. Tidak hanya itu, pengguna yang berhak menikmati fitur Twitter Shops juga hanya berlaku untuk pengguna perangkat iOS.
Sejauh ini, perusahaan yang telah meluncurkan Twitter Shops antara lain Verizon, Arden Cove, podcast Latinx In Power, Gay Pride Apparel, dan All I Do Is Cook.
Soal Fitur Shop Module
Sebelumnya, Twitter telah lebih dahulu melakukan uji coba fitur belanja ini dengan nama Shop Module pada 28 Juli 2021 lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembangkan bisnisnya. Dikutip dari laman resminya, Shop Module adalah ruang khusus di bagian atas profil tempat bisnis yang dapat memamerkan produk-produk pengguna.
Nantinya ketika orang mengunjungi profil orang lain dengan Shop Module diaktifkan, mereka dapat memilih hingga mengetuk satu produk untuk mempelajari lebih lanjut dan membelinya. Transaksi ini bisa dilakukan dengan mudah di browser dalam aplikasi, tanpa harus meninggalkan Twitter.
“Pada dasarnya, ini akan memberi kami kesempatan untuk terus belajar tentang pengalaman berbelanja yang disukai orang di Twitter,” demikian tulis keterangan pihak Twitter.
Kehadiran fitur terbaru Twitter di atas disambut baik oleh banyak pengamat terutama para pengguna. Kini diprediksi akun-akun yang kerap menjual barang di kolom komentar cuitan akan terbantu dengan fitur Twitter Shops ini. So, buat kita yang di Indonesia, tunggu perilisannya ya.
Baca Juga: Foto Profil Twitter Sekarang Bisa Pakai NFT, Gini Caranya