Bank Mandiri Akuisisi 80 Persen Saham InHealth

Image title
Oleh
27 Februari 2014, 00:00
2960.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
www.inhealth.co.id

KATADATA ? PT Bank Mandiri Tbk menargetkan menuntaskan akuisisi sebesar 80 persen saham PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia (InHealth) pada tahun ini. Perusahaan asuransi tersebut sebelumnya milik PT Askes (Persero) yang berubah menjadi Badan Penyenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

?Selambat-lambatnya akhir 2014 sudah dimiliki Bank Mandiri,? ujar Pahala N. Mansury, Direktur Finance & Strategi Bank Mandiri seusai Rapat Umum Pemegang Saham di Jakarta, Kamis (27/2).

Hal ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) pada 23 Desember lalu antara Bank Mandiri, Kimia Farma, dan Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dengan PT Askes (Persero) dan Koperasi Bhakti Askes.

Dalam kesepakatan itu, proses akuisisi InHealth akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama Bank Mandiri akan mengakuisisi 60 persen saham, Kimia Farma dan Jasindo masing-masing 10 persen saham, sementara Askes tetap menguasai 20 persen saham.  Sedangkan pada tahap kedua, Bank Mandiri akan membeli 20 persen saham milik Askes.

?Target akuisisi tahap pertama selesai akhir Maret ini,? kata Pahala.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunawan Sadikin mengatakan optimistis dapat menjadikan InHealth sebagai pemain utama asuransi kesehatan. Adapun dana yang dikeluarkan Bank Mandiri untuk akuisisi ini mencapai Rp 1,75 triliun. ?Akusisi kali ini paling besar, sampai triliunan,? kata Budi.

Menurut dia, kehadiran InHealth akan memperkuat integrasi bisnis Bank Mandiri sebagai perusahaan besar. Hingga akhir 2013, Bank Mandiri telah memiliki tujuh anak usaha dengan total aset mencapai Rp 94,3 triliun.

Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...