Perbankan Siap Turunkan Bunga Deposito

Image title
Oleh
23 September 2014, 10:47
Perbankan
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Sejumlah bank papan atas siap menurunkan suku bunga simpanan kepada deposan besar. Hal ini dilakukan bertahap seiring dengan membaiknya kondisi likuiditas.

Kesiapan ini beradasarkan pernyataan sejumlah direksi bank besar yang dikutip harian Investor Daily, Selasa (23/9). Bank-bank besar tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank Danamon Tbk, Bank International Indonesia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Kesiapan bank-bank besar itu juga untuk memenuhi permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar perbankan menghentikan perang suku bunga simpanan dan deposito.

Direktur Utama Bank Negara Indonesia Gatot Suwando mengatakan tingginya suku bunga perbankan disebabkan perilaku deposan besar, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang menuntut bunga tinggi.

?Kalau kami, jika ada tender dana tapi harga tidak sesuai, kami tolak. Likuiditas kami sejauh ini ada, itu tidak hanya dari dana pihak ketiga (DPK), kami kan masih bisa antar bank,? ujar Gatot.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...