Buka Peluang UMKM di Pasar Global, BRI Gelar BRI UMKM EXPO(RT) 2025
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.
Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada 2018, UMKM berkontribusi sekitar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.
Namun, masih banyak pelaku UMKM yang mengalami kesulitan untuk berkembang dan mencapai pasar internasional.
Demi membantu UMKM naik kelas dan menembus pasar global, diperlukan strategi yang tepat. Mulai dari mengoptimalkan branding dan packaging produk, meningkatkan produk sesuai standar internasional, memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran, meningkatkan kapasitas dan kemampuan SDM, hingga memanfaatkan fasilitas pembiayaan ekspor.
Hal yang juga tak kalah penting adalah mengikuti pameran berskala internasional dengan program business matching yang membuka peluang berkolaborasi luas.
Melalui BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan bertemu dengan potential buyer internasional. Tema BRI kali ini adalah Broadening MSME’s Global Outreach.
Dengan kata lain, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 merupakan upaya perseroan untuk mendorong UMKM agar lebih terlibat dalam pasar internasional, meningkatkan daya saing UMKM, serta mendapatkan peluang bisnis baru di berbagai belahan dunia.
BRI UMKM EXPO(RT) 2025 akan mengundang lebih banyak UMKM dan pembeli (buyers) internasional untuk mendukung UMKM go global.
Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI Amam Sukriyanto mengatakan, kegiatan ini menjadi momentum strategis bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan bertemu dengan potential buyer internasional.
“BRI berkomitmen memajukan UMKM melalui pembiayaan, pendampingan, dan akses ke pasar global,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (5/12).
Rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) 2025 mencakup expo, showcase UMKM terkurasi, business matching, UMKM Award, entertainment, dan art installation.
Produk UMKM yang akan ditampilkan pada pameran terbagi menjadi lima kategori, yaitu home decor and craft, food and beverage, accessories and beauty, fashion dan wastra, serta healthcare/wellness.
Antusiasme peserta dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini terlihat dari jumlah UMKM yang lolos kurasi dalam tahun terakhir, yakni 502 UMKM pada 2022 dan 700 UMKM pada 2023. Angka ini meningkat dari 155 UMKM terlibat pada awal penyelenggaraannya, yakni 2019.
Salah satu pelaku UMKM yang terlibat, Husni Muthohari, mengatakan bahwa ajang tersebut menjadi wadah untuk bertukar pikiran dengan sesama UMKM.
“Di sini banyak inspirasi dan motivasi untuk membangun produk dan market baru,” ujar Founder dan CEO dari brand MUNO FOLK, yakni produsen home fragrance asal Bandung, Jawa Barat.
MUNO FOLK sendiri sudah tiga kali mengikuti ajang ini, yaitu sejak 2021.
Menurutnya, pendampingan yang dilakukan pada program tersebut menguatkan usaha pelaku UMKM secara fundamental. Terlebih, Husni juga mengikuti program Pengusaha Muda Brilian (PMB) dari BRI pada 2020 dan lolos sebagai Juara 3.
Husni juga terkesan dengan jaringan yang dibangun melalui program itu yang mampu memperluas kesempatan UMKM untuk melakukan ekspor.
“Ada business matching untuk (membuka) pasar yang lebih luas. Kami jadi mendapat edukasi mengenai kebutuhan di pasar luar,” tambahnya.
Dengan kehadiran BRImo, Qlola by BRI, EDC BRI, BRI Merchant, serta QRIS di BRImo, pelaku usaha mendapatkan kemudahan dalam transaksi dan pengelolaan keuangan.
Sebagai aplikasi mobile banking, BRImo memberikan kemudahan dalam bertransaksi, sedangkan QLola by BRI menawarkan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan perusahaan dengan beragam fitur. Sementara, EDC BRI dan QRIS BRImo dapat mempermudah transaksi pembayaran non-tunai. Tak hanya itu, BRI Merchant juga menyediakan solusi bisnis lengkap, termasuk laporan penjualan.
Dengan dukungan ekosistem digital yang komprehensif dari BRI, UMKM tak hanya dapat meningkatkan daya saing, tetapi juga memperbesar peluang untuk bertumbuh dan berkontribusi pada perekonomian yang lebih kuat.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang digelar 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), Anda dapat mengunjungi laman website https://brilianpreneur.com