Kinerja Bank Mandiri Terendah dalam Lima Tahun

Aria W. Yudhistira
11 Februari 2015, 18:58
Katadata
KATADATA | Arief Kamaludin
Bank Mandiri membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 9,2 persen sepanjang 2014. Ini merupakan kinerja terendah yang dibukukan bank terbesar nasional itu dalam lima tahun terakhir.

KATADATA ? PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membukukan laba bersih Rp 19,9 triliun sepanjang 2014 atau tumbuh 9,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini merupakan pertumbuhan laba bersih perseroan yang terendah dalam lima tahun terakhir.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, perlambatan pertumbuhan laba bersih bank dengan aset terbesar nasional itu lantaran ingin menambah cadangan di anak usaha, terutama Bank Syariah Mandiri.

?Kami ingin menambah provisi untuk Bank Syariah Mandiri sebesar Rp 1 triliun,? kata dia dalam keterangan kepada pers di Jakarta, Rabu (11/2).

Perlambatan kinerja laba bersih Bank Mandiri sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Pada 2012, laba bersih perseroan tumbuh 26 persen menjadi Rp 16 triliun. Setahun berikutnya, laba bersih Bank Mandiri hanya tumbuh 13 persen menjadi Rp 18,2 triliun.

Padahal pada periode 2010 dan 2011, pertumbuhan laba bersih emiten berkode BMRI itu selalu di atas 30 persen.

Meskipun pertumbuhan laba bersihnya yang terendah dalam lima tahun, namun kinerja perseroan masih mampu memenuhi ekspektasi pasar. Sepanjang 2014, pasar menargetkan laba bersih perseroan sebesar Rp 19,8 triliun. Ini berarti laba bersih Bank Mandiri 0,4 persen lebih tinggi dari estimasi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...