Merger Bank BUMN Syariah Ditargetkan Tuntas Tahun Ini

Aria W. Yudhistira
3 Maret 2015, 15:17
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Rini Sumarno KATADATA|Arief Kamaludin
Menteri BUMN Rini Soemarno.

KATADATA ? Proses penggabungan usaha atau merger bank syariah badan usaha milik negara (BUMN) diharapkan tuntas tahun ini. Menteri BUMN Rini M. Soemarno ditunjuk untuk memimpin proses merger tersebut.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan Kementerian BUMN untuk memuluskan proses penggabungan empat bank syariah milik negara tersebut.

Dia menyebutkan, Rini akan memimpin tim yang mengatur persoalan administratif terkait wacana merger bank syariah BUMN dan mengharapkan penggabungan bisa terealisasikan pada tahun ini.

?Pembicaraan sudah dimulai, leader-nya Menteri BUMN. Kami usahakan tahun ini bisa (merger),? ujar Muliaman saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (2/3).

Muliaman juga berharap pemerintah dapat menyuntikkan tambahan modal dalam proses merger tersebut. Ini agar Indonesia memiliki bank syariah yang memiliki modal kuat. ?Karena kalau (beroperasi) sendiri-sendiri sumbangsihnya ke perekonomian kita juga akan terbatas,? ujar dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...