Hingga Maret, Lifting Minyak Hanya 764.000 Barel per Hari

Safrezi Fitra
23 Maret 2015, 12:06
Energi KATADATA | Bernard Chaniago
Energi KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? Realisasi lifting minyak sejak Januari hingga saat ini masih jauh dari target. Pemerintah tetap mengandalkan tambahan lifting dari Blok Cepu untuk mengejar target hingga akhir tahun.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi rata-rata lifting minyak dari awal Januari 2015 sampai saat ini hanya 764.000 barel per hari (bph). Angka tersebut masih di bawah target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 yakni 825.000 bph.

Advertisement

(Baca: Satu Dekade, Realisasi Lifting Minyak Selalu Meleset)

Kepala Bagian Humas SKK Migas Rudianto Rimbono mengatakan realisasi ini masih wajar, karena hingga akhir tahun masih bisa mencapai target 2015. Keyakinan pencapaian target tahun ini mengacu pada adanya penambahan produksi di Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu.

Dia memperkirakan mulai akhir bulan ini, akan ada tambahan dari produksi Blok Cepu sebesar 75.000 bph. Hingga Februari 2015, produksi minyak dari Blok Cepu hanya berada di kisaran 40.000 bph. (Baca: Lifting Minyak, Kementerian ESDM Lebih Optimistis)

Tidak hanya itu, dia juga optimis produksi di Blok Cepu akan mencapai puncaknya sekitar Agustus sampai September 2015. Puncak produksi blok tersebut diperkirakan bisa mencapai 165.0000 bph.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement