Kualitas Infrastruktur Indonesia Termasuk Terendah di Asia

Aria W. Yudhistira
26 Mei 2015, 14:54
Katadata
KATADATA
Aktivitas pembangunan jalan tol Tanjung Priok, Jakarta.

KATADATA ? Kualitas infrastruktur Indonesia termasuk yang paling rendah di Asia. Di antara 10 negara di Asia, kualitas infrastruktur Indonesia hanya lebih baik dibandingkan Filipina.

Posisi Indonesia, kata Co-Head of Asian Economic Research at HSBC Holdings plc. Frederic Neumann, jauh di bawah Singapura, Jepang, dan Malaysia. Bahkan dibandingkan Thailand dan Vietnam, kualitas infrastruktur Indonesia masih lebih rendah.

Mau tak mau, Indonesia perlu meningkatkan pembangunan infrastruktur supaya dapat menarik investasi lebih besar. Saat ini, kata dia, sudah ada sinyal bahwa pemerintah berkomitmen untuk memperbaiki kualitas infrastruktur. Salah satunya dengan mengalihkan dana subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke program yang lebih produktif.

?Pembangunan infrastruktur menjadi sangat penting sebagai variabel vital untuk mendorong investasi,? kata dia dalam ?Economic Outlook HSBC? di Jakarta, Selasa (26/5).

Berdasarkan riset HSBC, sejak 2008 komposisi investasi Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Jika dibarengi dengan perbaikan infrastruktur, Neumann menilai, iklim investasi Indonesia juga akan meningkat. ?Kami melihat ini sebagai sinyal yang positif,? tuturnya.

Belum lagi dengan potensi bonus demografi yang dapat diperoleh Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Di mata investor, ini merupakan peluang yang menguntungkan bagi pengembangan bisnisnya. Pada 2030, diperkirakan jumlah penduduk usia produktif Indonesia lebih tinggi dari Cina, dan negara Asia lainnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...