Nakhoda Tim Ekonomi Jokowi Mengerucut ke Dua Nama

Yura Syahrul
28 Juli 2015, 11:35
Katadata
KATADATA
Darmin Nasution & Rizal Ramli

KATADATA ? Dinamika rencana perombakan kabinet di bidang perekonomian bergerak cepat. Setelah sempat beredar sejumlah nama sebagai calon nakhoda baru tim ekonomi, kini sudah mengerucut ke dua nama.

Sumber Katadata di lingkungan pemerintahan mengungkapkan, salah seorang kandidat kuat Menteri Koordinator Perekonomian yang baru adalah Rizal Ramli. Ekonom senior ini pendiri lembaga riset ekonomi Econit dan pernah menjabat Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid. Saat ini menjadi Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI).

Kansnya untuk masuk kabinet dinilai cukup besar, karena punya kedekatan hubungan dengan Kepala Staf Kantor Kepresidenan Luhut B. Panjaitan. Bahkan, ia kerap dimintai pendapat untuk membahas persoalan ekonomi, bersama beberapa ekonom UI. (Baca: Rizal Ramli ?Merapat ke Luhut Panjaitan)

Tak cuma lewat ?pintu? Luhut, Rizal dikabarkan juga mulai menjalin hubungan dengan PDI Perjuangan sebagai partai penyokong utama Presiden Joko Widodo. ?Rizal sudah dapat lampu hijau dari Megawati dan Luhut,? kata sumber Katadata, Senin (27/7). Demi melapangkan jalan Rizal, sedang diupayakan dukungan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketua Bidang Perekonomian PDIP Hendrawan Supratikno mengaku tidak mengetahui ihwal dukungan partainya kepada Rizal. Menurut dia, hanya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengetahui siapa calon menteri yang akan diusulkan PDIP.

?Saya tidak tahu itu. Sudah seminggu ini saya di daerah, jadi tidak dapat informasi dari Jakarta,? katanya kepada Katadata. ?Hanya Ketua Umum saja yang tahu, siapa yang akan diusung.? Sedangkan Rizal hingga kini belum pernah merespons upaya konfirmasi dari Katadata perihal kabar tersebut.

Selain Rizal, kandidat kuat Menko Perekonomian adalah Darmin Nasution. Dibandingkan Rizal, Darmin tergolong paling kawakan di birokrasi. Ia terakhir menjabat Gubernur Bank Indonesia. Sebelumnya, Darmin menduduki sejumlah posisi penting di Kementerian Keuangan, yaitu Dirjen Lembaga Keuangan, Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK), serta Dirjen Pajak.

Sinyal Darmin masuk bursa kabinet terlihat saat Presiden Jokowi menghadiri acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) awal Juli lalu. Di organisasi ini, Darmin menjabat sebagai ketua. Sejumlah rekomendasi telah diberikan ISEI untuk perbaikan kinerja ekonomi Indonesia kepada Presiden. ?Presiden bisa menerima beberapa masukan dan target baru ekonomi yang diusulkan Darmin,? kata sumber tersebut.

Halaman:
Reporter: Safrezi Fitra
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...