Tertarik Beli Obligasi Negara" Ini Agen Penjual ORI012

Muchamad Nafi
22 September 2015, 08:19
obligasi ritel indonesia
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara 2015, pemerintah menerbitakan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri ORI012. Penerbitan ORI ini juga untuk mengembangkan pasar Surat Utang Negara domestik melalui diversifikasi sumber pembiayaan. Nah, yang tak kalah penting adalah memperluas basis investor.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan penerbitan ORI, Sukuk Retail, atapun Saving Bond Retail merupakan langkah untuk memperdalam pasar domestik. Jika kepemilikan investor dalam negeri meningkat, Indonesia tidak terpengaruh dengan lonjakan dana asing keluar (sudden reserval) ke negara yang lebih aman (safe haven). Langkah ini telah dirasakan oleh Jepang ketika investor domestiknya mencapai 93 persen. Kemarin, Bambang mengatakan, ?Kami berharap lebih dari 50 persen kelas menengah berani masuk.?

Advertisement

Tahun ini pemerintah menerbitkan ORI012 dengan tenor tiga tahun dan berkupon sembilan persen. Target pemerintah, penawaran ini bisa terserap Rp 20 hingga 25 triliun. Sasaran ini lebih tinggi dari ORI011 yang terserap Rp 21,2 triliun pada 2014. Sementara pada 2013 dan 2012, nilainya baru Rp 20,2 dan 12,68 triliun.

Untuk mencapai target penjualan tersebut, pemerintah hendak mendistribusikannya secara merata ke pelosok tanah air. Agen penjuala ORI tahun ini akan mengadakan marketing ke 27 kota, termasuk yang berada di Idonesia Tengah dan Timur, seperti Palu, Timika, Tahuna, dan Sorong.

Menurut Kementerian Keuangan, tema ORI012, yang mulai dijajakn sejak kemarin, masih mengusung mengenai lingkungan seperti beberapa tahun lalu. Kali ini temanya, "Terumbu Karang, Investasi Masa Depan". (Baca pula: Resep Menkeu Hadapi Lonjakan Dana Keluar).

Bagi yang berminat menaruh dana di surat berharga ini, masyarakat bisa menanam minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Pemerintah telah menunjuk agen penjual melalui lembaga keuangan. Ada 17 bank yang menjualnya, yaitu Bank ANZ Indonesia, Bukopin, BCA, CIMB Niaga, Citibank, Danamon, DBS, HSBC, dan BII. Selain itu ada Bank Mandiri, BNI, OCBC NISP, Panin, Permata, BRI, Standard Chartered, dan BTN.

Selain perbankan, ORI012 dijual pula oleh empat perusahaan sekuritas. Perusahaan tersebut ialah Danareska Sekuritas, Reliance Securities, Sucorinvest Central Gani, dan Trimegah Securities.

Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement