Sering Disebut dalam Rekaman, Luhut Akan Dipanggil MKD

Muchamad Nafi
2 Desember 2015, 18:21
gedung DPR
Donang Wahyu|KATADATA
gedung DPR

KATADATA - Sejumlah nama berhamburan dari rekaman pertemuan Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha migas Muhamad Reza Chalid, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin. Nama yang paling banyak disebut yaitu Luhut, yang mengacu pada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Luhut Binsar Panjaitan, hingga 66 kali.

Dengan menimbang kerap disebut, Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD) berencana memanggil Luhut untuk dimintai keterangan. Hal ini terkait atas dugaan pelanggaran kode etik oleh Setya Novanto dalam pertemuan tersebut yang dilaporkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Advertisement

Anggota MKD dari Fraksi NasDem Akbar Faisal mengatakan setelah sidang hari ini akan menentukan pemanggilan pihak-pihak yang terkait, termasuk Luhut. “Nama-nama baru akan kami periksa,” kata Akbar di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu, 2 Desember 2015. (Baca: Dicatut Setya Novanto-Reza 66 Kali, Luhut Tak Ambil Pusing).

Dalam sidang tersebut, Akabr terus menggali motif Sudirman Said melaporkan kasus ini ke MKD. Dia menyodorkan dua kemungkinan, semata ingin memberantas korupsi atau ada kepentingan pribadi.

Hal yang sama ditanyakan anggota MKD lainnya, Supratman Andi Agtas. Dia menduga masalah ini dilatarbelakangi hubungan buruk Sudirman Said dan Reza Chalid. Hal itu terlihat ketika pada pertemuan lanjutan antara Maroef dan Setya Novanto juga dihadiri Reza Chalid. “Kok tiba-tiba Pak Sudirmam Said respek ada Reza Chalid. Ada apa?,” ujar dia.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement