Kajian Blok Masela Rampung, Poten Siap Presentasi ke Sudirman Said

Arnold Sirait
22 Desember 2015, 17:08
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA

KATADATA - Kajian mengenai pengembangan Blok Masela yang dilakukan oleh tim konsultan Poten and Partner telah selesai dilakukan. Hasil kajian tersebut pun sudah siap dipresentasikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Kepala Bagian Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Elan Biantoro mengatakan hasil kajian tersebut akan disampaikan ke Menteri ESDM pada Rabu (23/12). Namun dia enggan memberitahu hasil dari kajian tim independen tersebut. “Besok pagi paparan ke Menteri ESDM,” kata dia kepada Katadata, Selasa (22/12). (Baca: Kajian Pengembangan Blok Masela Berdasarkan Enam Aspek)

Sementara itu Menteri ESDM Sudirman Said mengaku sampai hari ini dirinya belum menerima kajian mengenai Blok Masela. ”Hari ini kami masih menunggu,” kata dia di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Selasa (22/12).

Setelah mendapat hasil laporan tersebut pun dia mengaku belum bisa langsung mengambil keputusan. Sudirman harus terlebih dahulu berdiskusi dengan SKK Migas dan Direktorat Jenderal Migas untuk mengambil keputusan. Meski begitu, Sudirman Said menjanjikan keputusan tersebut akan terbit sebelum akhir tahun. “Sekarang belum bisa dijelaskan,” ujarnya. (Baca: Jokowi akan Dilibatkan dalam Memutuskan Skema Blok Masela)

Sebenarnya SKK Migas sudah merekomendasikan pengembangan Blok Masela menggunakan fasilitas pengolahan kilang terapung (FLNG) di laut atau offshore. Pada 10 September 2015, rekomendasi tersebut diberikan kepada Menteri ESDM. Setelah rekomendasi tersebut diberikan, Menteri ESDM pun rencananya akan mengambil keputusan pada 10 Oktober 2015.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...