Pemerintah Sebut Tiga Faktor Rupiah Menguat Tajam

Yura Syahrul
11 Februari 2016, 18:41
Uang rupiah
Donang Wahyu|KATADATA
(Donang Wahyu | KATADATA)

KATADATA - Sejak awal pekan ini, rupiah menguat tajam terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menilai, tren penguatan rupiah itu ditopang oleh tiga faktor, baik dari dalam negeri dan luar negeri.

Berdasarkan kurs referensi JISDOR Bank Indonesia, Kamis ini (11/2), rupiah mencapai posisi 13.369 per dolar AS, atau menguat 1,25 persen dibandingkan hari sebelumnya. Sedangkan di pasar spot, rupiah sempat diperdagangkan di level 13.342 per dolar AS, yang merupakan posisi tertinggi rupiah sejak Juli tahun lalu. Meski akhirnya ditutup di level 13.463 per dolar AS, rupiah telah menguat 1,2 persen dari akhir pekan lalu yang masih berada di kisaran 13.600-an.

Advertisement

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan tiga faktor pendukung penguatan tajam rupiah dalam beberapa hari terakhir. Pertama, penurunan harga minyak dunia hingga mencapai level US$ 27 per barel ternyata tidak berdampak signifikan ke Indonesia. Berbeda dengan negara lain, yang pasar keuangannya turut terpukul oleh anjloknya harga minyak dunia. “Indonesia tidak terlalu terekspos dengan turunnya harga minyak,” katanya di Jakarta, Kamis (11/2).

(Baca: Harga Minyak Rendah Dinilai Berefek Positif Bagi Ekonomi Indonesia)

Kedua, faktor ekonomi di dalam negeri. Bambang menyatakan, pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2015 sebesar 5,04 persen menjadi sebuah sentimen positif karena melebihi ekspektasi para pelaku pasar. Pencapaian itu juga menumbuhkan optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I tahun ini.

Sentimen positif lainnya adalah angka inflasi yang rendah yaitu 3,35 persen hingga akhir tahun lalu. Karena itulah, investor menilai rupiah lebih stabil dibandingkan mata uang negara-negara lain yang pasarnya tengah berkembang (emerging market). “Di antara emerging market, Indonesia dianggap salah satu yang management market ekonominya relatif prudent dan stabil,” ujar Bambang.

(Baca: Pandangan Investor Asing Positif, Rupiah Menguat 1,2 Persen)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement