Efek The Fed Surut, BI Berpeluang Turunkan Bunga Acuan BI Rate

Desy Setyowati
16 Juni 2016, 10:49
BI bank
Arief Kamaludin|KATADATA

Kamis (16/6) siang ini, Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan hasil rapat Dewan Gubernur BI mengenai suku bunga acuan BI rate. Para ekonom memperkirakan bank sentral berpeluang menurunkan suku bunga acuan berdasarkan pertimbangan faktor di luar negeri dan ekonomi domestik.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Gunawan memperkirakan, BI punya peluang menurunkan BI rate sebesar 25 basis poin menjadi 6,5 persen. Alasannya, pelaku pasar tidak lagi terpaku pada ketidakpastian kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

Apalagi, rapat komite pasar terbuka federal atau Federal Open Market Committee (FOMC) yang digelar bank sentral AS (Federal Reserve), Kamis dini hari tadi, memutuskan menahan suku bunga acuan Fed rate di kisaran 0,25 persen-0,5 persen. Keputusan itu akan menopang kestabilan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

“Minimal dia (BI) tes pasar dengan cut (BI Rate) di Juni,” kata Anton. Setelah itu, BI masih dapat melihat dampak rencana keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) terhadap pasar keuangan global dan di dalam negeri.

(Baca: Terbebani Utang Jumbo, Cina Berpotensi Krisis Nilai Tukar)

Menurut Anton, efek Brexit memang tidak secara langsung terasa terhadap Indonesia lantaran porsi dagang dengan Inggris masih kecil.

Tetapi, jika Inggris merealisasikan rencana tersebut, tentu akan berpengaruh terhadap penguatan dolar AS, yang efek lanjutannya melemahkan rupiah. Faktor inilah yang masih perlu diwaspadai oleh BI ke depan.

Head of Corporate Strategy & Research Bahana Sekuritas Harry Su juga meyakini BI berpeluang menurunkan BI rate sebanyak dua kali dengan besaran 50 basis poin dalam waktu dekat ini. Alasannya, kondisi ekonomi domestik, seperti inflasi yang terkendali, semestinya tak lagi menjadi hambatan untuk menurunkan BI rate. Risiko kenaikan Fed rate juga semakin berkurang lantaran kebijakan itu kemungkinan baru direalisasikan Desember mendatang.

(Baca: Bunga Acuan Baru Efektif, BI Siap Longgarkan Kebijakan Moneter)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...