7 Kota Ini Berpeluang Rebut Bisnis dari London setelah Brexit

Maria Yuniar Ardhiati
30 Juni 2016, 07:00
Bendera Uni Eropa
Katadata

Kota-kota di Eropa kini mengincar kesempatan bisnis setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan Britain Exit (Brexit). Para investor mempertimbangkan kembali masa depan London sebagai pusat pasar finansial serta teknologi di Eropa.

Banyak perusahaan kelas dunia yang akhirnya memutuskan untuk mengalihkan kegiatan operasionalnya dari London. Tujuh kota berikut ini siap menyambut mereka, seperti dilansir CNN, Selasa, 28 Juni 2016. (Baca: Di Asia, India Paling Sedikit Terdampak Brexit)

Frankfurt

Frankfurt siap menerima para bankir yang meninggalkan kota London. Ibukota Jerman ini telah menjadi kantor pusat bagi bank sentral Eropa atau European Central Bank, Bundesbank, serta otoritas asuransi Eropa, European Insurance. Berdasarkan peraturan yang diterbitkan Uni Eropa, bank dan perusahaan asuransi bisa beroperasi di kota mana pun di dalam Uni Eropa. Pada mulanya, London menjadi pilihan utama. Namun kini, Frankfurt membawa harapan baru sebagai pusat finansial setelah Inggris keluar dari Uni Eropa.

“Frankfurt bisa menjadi pusat keuangan stabil bagi mereka yang mencari kantor pusat di zona Euro,” kata badan perwakilan industri keuangan Frankfurt, Frankfurt Main Finance, dalam pernyataannya setelah Inggris menggelar referendum. Berdasarkan survei Mercer tahun ini, Frankfurt menempati posisi ketujuh kota dengan standar hidup berkualitas, mengalahkan London, Paris, dan New York. Meski demikian, kota tersebut lebih kecil dan membutuhkan biaya hidup lebih rendah dibandingkan London.

Luxembourg

Kota ini sekarang sudah menjadi rumah bagi 143 bank dengan total aset 800 miliar euro atau sekitar US$ 885 miliar. Komunitas kosmopolitan di Luxembourg menjadi daya tarik bagi para bankir. Hampir separuh dari 563 ribu penduduk di sana merupakan warga asing.

Di Luxembourg juga ada sejumlah perusahaan besar dunia, termasuk Paypal dan Skype. Perusahaan-perusahaan ini tertarik dengan pajak rendah yang diterapkan kota tersebut untuk korporasi.

Paris

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...