Ekonomi Global dan Investasi Asing Tantangan Laju Pertumbuhan

Desy Setyowati
9 Agustus 2016, 18:37
Gedung pertumbuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan ada sejumlah tantangan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,2 persen. Jika dipilah, faktor utamanya berasal dari luar dan dalam negeri.

Menurut Bambang, ada dua faktor eksternal yang akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertama, perlambatan ekonomi global semakin mengerem pergerakan harga komoditas. Di sisi lain, saat ini pemerintah sulit mencari produk baru untuk menjadi andalan ekspor.

“Mau mendorong ekspor itu mustahil, agak sulit mendapat produk di luar komoditas yang jadi andalan,” kata Bambang saat Round Table Discussion bertajuk Perkembangan Ekonomi Terkini dan Outlook 2016, di kantornya, Jakarta, Selasa, 9 Agutus 2016. (Baca: Lampaui Perkiraan, BI: Ekonomi Belum Menguat Secara Struktural).

Kedua, pemerintah akan bersaing ketat dengan negara yang pasarnya tengah berkembang (emerging market) untuk menarik investasi asing langsung, Foreign Direct Investment (FDI). Saat ini, sumber perekonomian dunia terbatas sehingga banyak negara berlomba-lomba menarik investasi langsung.

Karena itu, menurut Bambang, sulit mendorong pertumbuhan investasi tinggi dalam jangka pendek. Karenanya, pemerintah harus memastikan Paket Kebijakan Ekonomi yang dirilis sejak September 2015 berdampak untuk mendorong investasi swasta. (Baca: Demi Memacu Investasi Swasta, BKPM Andalkan Pasokan Data BPS).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...