Baterai Bermasalah, Samsung Tarik Jutaan Galaxy Note 7

Maria Yuniar Ardhiati
5 September 2016, 15:35
Galaxy Note 7
Youtube

Samsung menarik jutaan telepon seluler pintar atau smartphone barunya, yaitu Galaxy Note 7 di seluruh dunia. Langkah tersebut diambil setelah menerima sejumlah laporan terbakarnya ponsel tersebut saat pengisian baterai hingga menimbulkan api.

Recall yang berlangsung besar-besaran ini menjadi hal yang memalukan bagi produsen smartphone tersesar di dunia tersebut. Padahal, Note 7 baru saja diluncurkan sebulan yang lalu. Bahkan, pesaing terbesarnya, Apple, baru akan meluncurkan produk terbarunya pekan ini.

Dalam sebuah konferensi pers, para petinggi Samsung menolak berkomentar mengenai nilai biaya yang dikeluarkan untuk mengganti semua smartphone jenis terbarunya yang telah terjual. “Jumlahnya begitu besar,” ujar Presiden Bisnis Komunikasi Mobile Samsung, Koh Dong-jin, seperti dikutip CNNMoney, Jumat, 2 September 2016. (Baca: Bisnis Ponsel Lagi, Nokia Akan Luncurkan Smartphone Android).

Samsung memiliki pangsa pasar terbesar (22 persen) atas smartphone di seluruh dunia selama tiga bulan berturut-turut hingga 30 Juni lalu berdasarkan data firma riset IDC. Sebagai perbandingan, Apple hanya meraih 12 persen.

Pada Jumat pekan lalu, Samsung menemukan permasalahan pada baterai di sejumlah ponselnya sebelum memutuskan untuk menunda penjualan di sepuluh negara, termasuk di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Sebagai ganti atas 2,5 juta Galaxy Note 7 yang sudah terjual, Samsung menawarkan produk baru gratis kepada pelanggan yang sudah terlanjur membeli keluaran teranyar Samsung itu dalam beberapa pekan mendatang.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap baru-baru ini menyatakan ada lima laporan di seluruh dunia yang menyebutkan smartphone Note 7 mengeluarkan api saat pengisian baterai. Foto-foto hangusnya ponsel tersebut beredar di media sosial meski belum terverifikasi.

Kepada CNNMoney, seorang pemilik Galaxy Note 7 di Korea Selatan menyatakan terbangun tengah malam setelah mencium bau hangus. Ternyata, ponselnya meleleh. Dengan ponsel lainnya, Galaxy Note 2, ia pun memotret kejadian itu dan mengunggahnya.

“Saya melihat percikan api kecil pada ponsel yang meleleh,” ujarnya pada Jumat, pekan lalu. Namun, percikan tersebut segera menghilang. (Baca: Kinerja Apple Terburuk dalam 13 Tahun Terakhir).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...