Masuk Madame Tussauds, Jokowi Ungguli Calon Presiden Amerika

Safrezi Fitra
13 Oktober 2016, 11:56
Jokowi
Rusman | Biro Pers Sekretariat Presiden
Tim dari Museum Madame Tussauds datang dari Inggris, meminta izin untuk membuatkan figur lilin Jokowi sebagai koleksi museumnya di Hongkong, Rabu (12/10)

Popularitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungguli lima Presiden Indonesia sebelumnya. Bahkan, pria asal Solo ini lebih populer ketimbang dua kandidat Presiden Amerika Serikat (AS). Penilaian ini berdasarkan hasil survei pengelola Museum Madame Tussauds di Hong Kong.

Jokowi mendapat kehormatan untuk diabadikan dalam figure lilin dan akan dipamerkan di Museum Madame Tussauds di Hongkong.  Dia menjadi Presiden Indonesia kedua yang figurnya akan menghiasi koleksi figur lilin museum tersebut, setelah Soekarno.

Pembuatan figur Jokowi didasari atas tingginya permintaan pengunjung Madame Tussauds, sebagai seorang tokoh dunia yang pantas diabadikan dalam museum tersebut. Madame Tussauds mengadakan mengadakan survei secara regular terhadap para pengunjunganya.

“Kami bertanya, siapakah tokoh yang ingin Anda lihat selanjutnya? Nama Presiden Joko Widodo kemudian muncul di peringkat teratas," kata General Manager Madame Tussauds Hong Kong, Jenny You, setelah melakukan pengukuran postur tubuh Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, (12/10).

Survei ini dilakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Hasilnya, Jokowi menempati peringkat pertama diantara tokoh pemimpin dunia lainnya. Posisinya bahkan lebih tinggi dibandingkan calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Hilary Clinton.

Secara umum, sebenarnya Jokowi menempati peringkat ketiga dalam survei tersebut. Di peringkat atas ada Eason Chan dan Big Bang dari latar belakang artis dan musisi. Tepat di bawah Jokowi, Pesepakbola asal Argentina Lionel Messi menduduki posisi keempat. Kemudian Donald Trump di peringkat lima.  

Nantinya, figur Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong akan bersanding berhadapan dengan sosok Presiden Soekarno. Figur Jokowi sekaligus akan menjadi satu-satunya kepala negara di Asia Tenggara yang masih aktif yang menghiasi museum tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...