Indonesia Masuk 10 Besar Negara Tujuan Utama Investasi

Safrezi Fitra
25 Oktober 2016, 17:50
Menteri Perdagangan Thomas Lembong
Katadata | Arief Kamaludin

Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah berhasil meningkatkan kepercayaan investor terhadap Indonesia. Indonesia masuk dalam salah satu dari 10 negara tujuan investasi yang paling diminati investor dunia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan para petinggi perusahaan multinasional ternyata memilih Indonesia sebagai salah satu negara tujuan utama investasi. Hal ini tercermin dalam Laporan Global Investment Trends Monitor yang dirilis Badan PBB untuk Perdagangan dan Pembangunan (The United Nations Conference on Trade and Development/ UNCTAD).

“Saya mau utarakan survei lembaga dari PBB. Survei yang dilakukan kepada CEO seluruh dunia tentang rencana investasi ke depan. Indonesia berhasil meraih peringkat sembilan sebagai tujuan investasi dunia,” kata Lembong saat memaparkan Capaian Dua Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK di Bina Graha, Selasa (25/10).

Laporan yang dirilis pada 6 Oktober lalu menyebutkan Indonesia berada pada peringkat 9 dari 10 negara tujuan utama investasi. Posisi Indonesia dalam negara tujuan investasi naik dari peringkat 14 pada survei 2014 menjadi peringkat 9 pada survei 2016. (Baca: Darmin Sebut 10 Sukses Paket Kebijakan Ekonomi)

10 Negara Tujuan Utama Investasi
10 Negara Tujuan Utama Investasi (BKPM)

Hasil survei dalam laporan ini tercatat tiga besar negara tujuan investasi adalah Amerika Serikat, Cina, dan India. Kemudian Inggris, Jerman, Jepang, Brasil, Meksiko. Indonesia berada satu peringkat di atas Malaysia.

Menurut Lembong, pemerintahan Jokowi-JK telah berhasil meningkatkan sentiment positif investor terhadap Indonesia. Program deregulasi dan rasionalisasi dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, sangat membantu mengangkat kepercayaan investor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...