ATM Bank BUMN Pakai Jaringan Baru Akhir Tahun Ini

Miftah Ardhian
2 November 2016, 16:32
ATM
Arief Kamaludin|KATADATA
ATM

Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) menargetkan dapat mengoperasikan perusahaan prinsipal pengalihan dan penghubung Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau switching company, pada akhir tahun ini. Setelah beroperasi, nantinya seluruh ATM milik Himbara bakal terintegrasi dalam jaringan switching company ini.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirdjoatmodjo menuturkan saat ini Himbara masih menyelesaikan beberapa permasalahan, seperti perizinan nama dan pembentukan perusahaan tersebut di Kementerian Hukum dan HAM. Rencana ini juga masih menunggu izin dari Bank Indonesia (BI).

Advertisement

"Jadi ini setelah ada persetujuan, Desember ini kami mau launching," ujar Kartika saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu (2/11).

Menurut Kartika, integrasi ATM milik Himbara dengan jaringan dari switching company ini bakal berlangsung secara bertahap. Tahun depan, Himbara menargetkan 10 ribu ATM sudah bisa terintegrasi. Selanjutnya, seluruh ATM milik Himbara bakal terintegrasi dalam dua sampai tiga tahun ke depan. (Baca juga: Rini Minta Bank BUMN Topang Blanja.com Jadi Lapak Online UKM)

Ia menjelaskan, fitur-fitur layanan di mesin ATM dengan jaringan baru tersebut akan tetap sama. Bedanya, tidak ada biaya tarik tunai alias gratis. Sedangkan tarif switching ke jaringan lainnya belum dibahas. Adapun perusahaan switching tersebut bakal berada di bawah PT Telkom Indonesia untuk sementara waktu.  

"Sementara masih Telkom dulu yang ambil. Selanjutnya nanti akan Holding atau Himbara company yang masuk," ujar Direktur Digital & Strategic Portofolio PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., Indra Utoyo. Ia menargetkan, perusahaan ini bisa mengantongi izin dari Kemenkumham dalam waktu dua minggu ke depan.

Sejauh ini, kata Indra, perusahaan BUMN yang terlibat dalam pembentukan switching company tengah membahas kajian teknis atas rencana tersebut. Kajian ini meliputi, lokasi, perubahan aplikasi dan fitur, serta kelengkapan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement